Sabtu , 15 Desember 2018
Home / IGS HOREKA / Yogie Sasmitapura (CEO Gumilang Hospitality): “Pelayanan Maksimal Kepada Para Pekerja”

Yogie Sasmitapura (CEO Gumilang Hospitality): “Pelayanan Maksimal Kepada Para Pekerja”

BANDUNG (IGS BERITA) – Bagi kebanyakan orang, kalimat “pelayanan maksimal kepada para pekerja” mungkin akan terasa agak janggal. Tetapi, tidak demikian bagi para pekerja yang berada di bawah naungan Gumilang Hospitality. Karena, kalimat tersebut merupakan bagian dari filosofi yang dianut dan diterapkan oleh Gumilang Hospitality kepada semua pekerjanya.

“Faktor terpenting dalam hospitality industry adalah pelayanan. Bukan hanya kepada tamu, tapi juga terhadap para karyawan. Ujung-ujungnya, karyawan pun akan memberikan pelayanan maksimal kepada para tamu,” kata Yogie Sasmitapura, 31, CEO Gumilang Hospitality – sebuah holding company yang terbentuk tahun 2013.

Saat ini, Gumilang Hospitality mengelola tiga buah hotel di beberapa kota. Salah satunya, Gumilang Regency Hotel di Bandung. Hotel yang beroperasi sejak 1989 tersebut beberapa kali mengalami renovasi hingga akhirnya kini menyandang klasifikasi sebagai hotel bintang empat dengan jumlah kamar 106 buah dan memiliki fasilitas lengkap – mulai dari ruang meeting, ballroom, kolam renang, spa, karaoke, fitness centre, hingga children playground.

Dua hotel lain adalah Burza hotel Yogyakarta dan Burza Hotel Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Burza Hotel Yogyakarta memiliki 101 kamar, dilengkapi pula dengan fasilitas kolam renang, meeting room, dan coffee shop. Sedangkan Burza Hotel Lubuk Linggau hanya memiliki 100 kamar serta beberapa fasilitas lainnya.

“Tiap hotel yang kami kelola memiliki market segmen berbeda. Gumilang Regency dan Burza Yogya, secara tingkat hunian, cukup maksimal, karena berada di kota besar yang juga salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Potensi kedua hotel itu untuk mendapatkan kegiatan-kegiatan meeting pemerintahan maupun dari perusahaan swasta pada saat weekday cukup tinggi. Sementara di weekend kedua hotel kami itu bisa digunakan untuk liburan,” papar Yogie kepada IGS Hotel di Bandung.

Burza Hotel Lubuk Linggau, lanjut Yogie, cenderung hanya penuh di kala weekday, terisi oleh tamu yang melakukan kegiatan meeting atau tamu-tamu transit yang sedang melakukan bisnis antar-kota di Sumatera. Namun ia sedikit sepi di kala weekend karena tipikal kotanya yang memang bukan termasuk kategori tujuan wisata.

Lelaki lulusan salah satu perguruan tinggi dalam bidang manajemen ini mengawali karirnya di dunia perhotelan dari bawah. Karena tidak memiliki latar belakang pendidikan perhotelan, kemudian Yogie mengikuti pelatihan serta menjalani program management trainee yang dilakukan dalam perusahaan tersebut.

“Sehingga saya dapat mengetahui serta mempelajari semua aspek dalam pengelolaan hotel,” terang Yogie.

Sebagai bentuk implementasi CSR, Gumilang Hospitality mewajibkan kepada masing-masing unit hotel untuk aktif dalam program tersebut. Banyak hal yang telah dilakukan secara rutin maupun yang hanya bersifat situasional.

“Dari mulai menyumbang seribu buku kepada panti asuhan, kegiatan donor darah, penanaman pohon, sumbangan rutin, buka puasa bersama warga, hingga menyediakan kain kafan untuk warga sekitar yang meninggal,” jelas Yogie.

Menyikapi perekonomian global yang sedang lesu serta banyaknya hotel baru bermunculan, lelaki berpenampilan gagah dengan tutur kata santun tersebut tetap optimis menghadapinya.

“Dampaknya jelas kepada performance hotel yang kami kelola. Selain itu, semakin banyak pesaing membawa dampak yang sama. Namun dengan usaha yang terus menerus dalam pengembangan, inovasi, memberikan pelatihan serta pengetahuan kepada seluruh karyawan, diharapkan dapat secara konsisten memberikan layanan yang prima kepada tamu, seperti halnya filosofi yang terdapat pada perusahaan kami, yaitu treat your employees exactly as you want them to treat your customers,” ujar Yogie, mengakhiri pembicaraan. (pys).*

Dog Hallow Fest

About Yukie Rushdie

Check Also

Whiz Prime Hotel Bogor: Kenyamanan di Jantung Kota Hujan

BOGOR (IGS HOREKA) – Hotel yang terletak di jantung Kota Hujan, Bogor, Jawa Barat, ini …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: