Senin , 19 November 2018
Home / MEGAPOLITAN / Tiopan Sitorus Sah Pimpin “Pemuda Pancasila” Kemayoran
Tiopan Sitorus (kiri) menerima pataka dari Ketua MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat, R. Panji Purboyo (kanan), setelah terpilih secara aklamasi menjadi Ketua PAC Pemuda Pancasila Kemayoran (Foto: Jefri Marpaung - IGS Berita).*

Tiopan Sitorus Sah Pimpin “Pemuda Pancasila” Kemayoran

JAKARTA (IGS BERITA) — Tiopan Sitorus, akhirnya, dinyatakan sah menjadi Ketua PAC Pemuda Pancasila Kemayoran, Jakarta Pusat, periode 2017-2020, setelah terpilih secara aklamasi melalui forum Rapat Pemilihan Pengurus, Sabtu (14/10) malam. Pelantikan terhadap Tiopan Sitorus langsung dilaksanakan di tempat yang sama, Aula Kantor Kecamatan Kemayoran, ditandai penyerahan pataka oleh Ketua MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat, R. Panji Purboyo.

BACA JUGA:

Rapat Pemilihan Pengurus PAC Pemuda Pancasila Kemayoran itu digelar untuk melanjutkan tongkat estafet dari kepemimpinan sebelumnya, di bawah kendali Rodiah, yang habis masa jabatannya per tanggal 12 Oktober 2017.

Pada forum Rapat Pemilihan Pengurus tersebut, yang dibuka Camat Kemayoran, Herry Purnama, diwakili Sekretaris Camat, segenap pengurus di 8 ranting —Serdang, Kebon Kosong, Gunung Sahari Selatan, Harapan Mulya, Kemayoran, Sumur Batu, Utan Panjang, dan Cempaka Baru— sepakat mengangkat Tiopan Sitorus memimpin PAC Pemuda Pancasila Kemayoran, menggantikan Rodiah.

Perjalanan Rapat Pemilihan Pengurus PAC Pemuda Pancasila Kemayoran Periode 2017-2020 itu, yang dipandu Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat, Burhanuddin, berjalan lancar. Tak ada sedikit pun perdebatan untuk mengusung Tiopan Sitorus menjadi penerima pataka Pemuda Pancasila di Kecamatan Kemayoran.

“Saya tidak akan berbicara panjang lebar. Saya hanya meminta doa dan dukungan, semoga bisa menjalankan amanah ini, sekaligus membawa PAC Pemuda Pancasila Kemayoran menjadi lebih baik lagi,” kata Tiopan Sitorus, saat memberikan pidato pertamanya setelah dilantik.

Sederet program telah disiapkan Tiopan Sitorus untuk menjalankan roda-roda organisasi Pemuda Pancasila di Kecamatan Kemayoran. Namun, yang pertama akan diselesaikannya adalah penyusunan struktur kepengurusan untuk periode 2017-2020.

“Mudah-mudahan, dalam dua pekan ke depan, struktur itu sudah selesai disusun,” kata Tiopan Sitorus.

Dalam acara yang dipadati ratusan kader Pemuda Pancasila Kecamatan Kemayoran itu, hadir pula sejumlah undangan dari berbagai jajaran. Hadir di sana Ketua MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat, R. Panji Purboyo, dan jajaran pengurusnya. Hadir pula Ketua Bidang Publikasi dan Humas Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum (BPPH) MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Yukie H. Rushdie, didampingi Marasi Lumban Gaol. Selain itu, terdapat pula para undangan dari berbagai ormas lain, seperti FKPPI, FBR, dan sebagainya.

 

Pembelajaran Demokrasi

Saat memberikan sambutan di awal acara, Ketua MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat, R. Panji Purboyo, menyatakan, forum Rapat Pemilihan Pengurus PAC Kemayoran ini merupakan salah satu proses pembelajaran demokrasi bagi para kader Pemuda Pancasila.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Jakarta Pusat, R. Panji Purboyo, saat memberikan sambutan (Foto: Jefri Marpaung – IGS Berita).*

“Ini adalah kegiatan rutin organisasi di setiap akhir masa jabatan para pengurus. Kegiatan ini merupakan awal dari kesinambungan sebuah organisasi, sekaligus bagian penting dalam upaya Pemuda Pancasila untuk menjadi ormas yang lebih baik lagi di masa mendatang. Hari ini harus lebih baik dari kemarin. Dan, besok harus lebih baik dari hari ini. Begitulah dialektikanya,” kata Panji Purboyo.

Ia berpesan, para kader Pemuda Pancasila di Kecamatan Kemayoran harus menjadi mediator untuk menjaga kebhinnekaan dan Pancasila.

“Kita harus membantu jajaran pemerintah, menjadi pionir dan ujung tombak di masyarakat. Saya harap, Pemuda Pancasila bisa bersinergi dengan Tiga Pilar Pemerintahan di Kecamatan Kemayoran,” kata Panji.

Soal terpilihnya Tiopan Sitorus sebagai Ketua PAC Pemuda Pancasila Kemayoran, Panji menyampaikan apresiasinya.

“Siapapun yang terpilih haruslah dihormati. Dan, saya menyimpan harapan besar terhadap Tiopan Sitorus untuk bisa membuat PAC Pemuda Pancasila Kemayoran menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya,” kata Panji Purboyo kepada IGS Berita.

Pihak Pemerintah Kecamatan Kemayoran sendiri menyambut baik keberadaan organisasi Pemuda Pancasila di wilayahnya.

“Malah saya ingin berkenalan dengan para pengurus di seluruh wilayah Kecamatan Kemayoran. Makanya, begitu ditugaskan di Kecamatan Kemayoran sekitar 1,5 tahun lalu, yang pertama saya tanyakan waktu itu, siapa Ketua Pemuda Pancasila di Kemayoran? Jadi, acara malam ini, betul-betul menjadi momentum bagi kami untuk lebih mengenal para pengurus Pemuda Pancasila,” kata Sekretaris Camat Kemayoran, yang hadir, memberikan sambutan, dan membuka acara untuk mewakili Camat Kemayoran, Herry Purnama.

 

Angin Segar

Di tempat yang sama, Ketua Bidang Publikasi dan Humas BPPH Pemuda Pancasila MPW DKI Jakarta, Yukie H. Rushdie, menyebutkan, terpilihnya Tiopan Sitorus bisa menjadi angin segar bagi perjalanan organisasi ini di wilayah Kecamatan Kemayoran.

Ketua Bidang Publikasi dan Humas BPPH Pemuda Pancasila MPW DKI Jakarta, Yukie H. Rushdie (tengah), bersama Ketua PAC Pemuda Pancasila Kemayoran terpilih, Tiopan Sitorus (kedua dari kanan), selepas acara pelantikan (Foto: Jefri Marpaung – IGS Berita).*

“Melihat rekam jejak Tiopan Sitorus, saya yakin ia mampu berbuat banyak bagi pertumbuhkembangan organisasi Pemuda Pancasila di Kecamatan Kemayoran. Setahu saya, Tiopan Sitorus memiliki hubungan yang baik dengan lembaga mana pun, termasuk jajaran pemerintahan dan ormas-ormas lain, di wilayah Kemayoran. Di mata saya, Tiopan Sitorus termasuk salah seorang tokoh masyarakat Kemayoran. Jadi, sungguh suatu yang baik ketika ia bersedia memegang jabatan sebagai Ketua PAC Pemuda Pancasila Kemayoran,” kata Yukie H. Rushdie kepada IGS Berita.

Pada kesempatan itu, Yukie menyampaikan permintaan maaf, karena Ketua BPPH Pemuda Pancasila MPW DKI Jakarta, Tohom Purba, berhalangan hadir.

“Ketua BPPH Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Tohom Purba, sedang berada di Sumatera Utara. Namun, beliau menitipkan salam dan ucapan selamatnya kepada seluruh jajaran PAC Pemuda Pancasila Kemayoran dan ketua terpilih, Tiopan Sitorus,” kata Yukie.

Acara Rapat Pemilihan Pengurus PAC Pemuda Pancasila Kemayoran yang berjalan lancar itu diakhiri dengan ramah tamah di antara segenap kader. Suasana hangat itu semakin meriah dengan gencarnya yel-yel “Pancasila Abadi” di sela-sela acara.

“Sekali layar terkembang, surut kita berpantang. Begitulah, memang, Pemuda Pancasila,” kata Rodiah, mantan Ketua PAC Pemuda Pancasila Kemayoran periode 2014-2017, yang semalam menyerahkan tongkat estafeta roda organisasi kepada Tiopan Sitorus. (jfm).*

Dog Hallow Fest

About Yukie Rushdie

Check Also

Belawan

Save Flora | Kajari Belawan Dipolisikan

JAKARTA (IGS BERITA) — Gara-gara tetap menahan seseorang yang status tersangkanya telah dinyatakan gugur lewat putusan …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: