Rabu , 21 Februari 2018
Home / SPORT / Terungkap, Para Pesepakbola Inggris Jadi Korban Pelecehan Seksual Sejumlah Pelatih

Terungkap, Para Pesepakbola Inggris Jadi Korban Pelecehan Seksual Sejumlah Pelatih

pelecehan-seksual-okeLONDON (IGS SPORT) – Setelah bungkam selama puluhan tahun, akhirnya kasus pelecehan seksual terhadap sejumlah pemain sepakbola di Inggris oleh beberapa pelatih pun terungkap. Pasalnya, beberapa pemain akhirnya berani secara terang-terangan menyatakan hal tersebut.

Salah seorang pelatih yang disebut telah melakukan aksi memalukan itu adalah Barry Bennel, mantan coach di klub junior Crewe Alexandra pada tahun 1980 dan ‘90-an, yang juga memiliki hubungan dekat dengan Stoke City dan Manchester City.

Adalah Andy Woodward, mantan pemain yang pertama kali melaporkan kasus tersebut, 16 November 2016. Ia menangis saat mendengar dua mantan pesepakbola lainnya, Chris Unsworth dan Jason Dunford, mengisahkan tindakan pelecehan seksual yang dilakukan Barry Bennell.

Andy Woodward, yang pernah bermain untuk klub Bury and Sheffield United, mengalami pelecehan sewaktu bergabung di Crewe Alexandra pada umur 11-15 tahun.

Sejak cerita Woodward itu muncul di khalayak umum, beberapa mantan pemain yang pernah dilecehkan Bennel pun ikut bicara.

Bahkan, menurut Chris Unsworth, ia diperkosa sampai sekitar 100 kali sejak usia 9 tahun. Ia tinggal di rumah Bennell beberapa kali, dan kadang-kadang melihat ada dua atau tiga anak laki-laki lain yang berada di tempat tidur sang pelatih.

“Kami tidak pernah saling berbicara tentang hal tersebut,” kata Unsworth. “Saya diperkosa antara 50 hingga 100 kali.”

Lain lagi kisah Jason Dunford. Kala itu, ia menginap di perkemahan liburan Butlins setelah memenangi sebuah pertandingan. Bennell pun mencoba menyentuhnya saat di tempat tidur. Tapi Dunford berontak dan memukulnya.

“Saya mengumpat dan menyuruh dia pergi. Saya ingat, saya memukulnya. Walaupun dia tidak membalasnya, saya takkan pernah lupa ‘tatapan bengis’ Bennell,” kata Dunford.

Dunford pun mengatakan, tak kurang dari 11 orang memberikan laporannya sejak Woodward mengungkap kasus tersebut – termasuk mantan pemain Crewe Alexandra, Steve Walters (44 tahun), yang mengaku jadi korban pelecehan Bennell di usia 13 atau 14 tahun, saat melakukan perjalanan ke Anglesey.

Walters merasa karirnya telah rusak, dan menginginkan lebih banyak lagi orang yang ikut bicara, khususnya “rekan-rekan tim yang ‘memiliki nama’ di luar sana”.

“Saya ingin keadilan sekarang,” katanya. “Dunia sepakbola terpecah belah, dan peristiwa ini tidak boleh terjadi lagi terhadap pemain muda yang lain.”

Seperti dilansir BBC, pemain-pemain yang sampai saat ini sudah menyampaikan laporannya, antara lain, Andy Woodward (43 tahun, mantan pemain Bury dan Sheffield United), Steve Walters (44 tahun), Paul Stewart (52 tahun, mantan pemain timnas Inggris dan Tottenham), David White (49 tahun, mantan penyerang Manchester City), Jason Dunford, dan Chris Unsworth.

Menanggapi hal tersebut, Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA) sedang melakukan penyelidikan internal untuk memeriksa tuduhan pelecehan seksual pada anak dalam sejarah permainan sepakbola di Inggris.

“Ada lebih dari 20 pemain aktif yang melaporkan mengalami pelecehan seksual,” kata Ketua PFA, Gordon Taylor, Minggu (27/11). (hdr/BBC).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Mantan Pemain Brescia (Italia) Tergiur ke Persib, Ini alasannya…

BANDUNG (IGS SPORT) – Vitor Saba, mantan pemain Brescia, klub Italia yang sempat berlaga di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *