Jumat , 25 Mei 2018
Home / MEGAPOLITAN / Serikat Pegawai PD Pasar Jaya Tuntut Keadilan
Aksi unjuk rasa Serikat Pegawai PD Pasar Jaya, Rabu (2/8), di depan Kantor Pusat PD Pasar Jaya, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat (Foto: Jefri Marpaung - IGS Berita).*

Serikat Pegawai PD Pasar Jaya Tuntut Keadilan

JAKARTA (IGS BERITA) — Sekitar 500 pegawai PD Pasar Jaya menuntut adanya keadilan dalam mekanisme kepegawaian di Badan Usaha Milik Daerah tersebut. Tuntutan itu disampaikan melalui aksi Demo Santun & Damai Serikat Pegawai PD Pasar Jaya, Rabu (2/8), di depan Kantor Pusat PD Pasar Jaya, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat.

Gerakan itu dipicu adanya pengangkatan 15 tenaga profesional menjadi pegawai tetap dan menduduki jabatan struktural di lingkungan PD Pasar Jaya.

“Pengangkatan ke-15 tenaga profesional tersebut melanggar SK Direksi PD Pasar Jaya Nomor 112 Tahun 2016,” kata Kasman Panjaitan, Ketua Serikat Pegawai PD Pasar Jaya, kepada IGS Berita, Rabu (2/8) siang.

Berdasarkan SK tersebut, lanjut Kasman, yang boleh memegang jabatan struktural itu adalah pegawai tetap yang memiliki pangkat dan golongan.

“Para tenaga profesional itu sekarang ada yang menduduki jabatan manajer maupun asisten manajer. Jadi, kami menuntut dilakukan pencopotan terhadap ke-15 pegawai fungsional yang telah diangkat menjadi pegawai tetap dan menduduki jabatan struktural itu,” kata Kasman.

Secara keseluruhan, ada 8 tuntutan yang disampaikan Serikat Pegawai PD Pasar Jaya, yakni (1) menolak tenaga profesional karena tidak sesuai persyaratan peraturan, (2) cabut atau batalkan SK Dirut atas pengangkatan tenaga profesional menjadi pegawai tetap dan berhentikan 15 orang tenaga profesional yang sudah diangkat menjadi pegawai tetap karena melanggar aturan, (3) penggabungan gaji pokok dan tunjangan kinerja para pegawai tingkat staf tanpa membedakan masa kerja, (4) naikkan pangkat golongan pegawai PD Pasar Jaya yang sudah di waktunya sesuai peraturan, (5) buatkan daftar gaji setiap bulannya agar transparan, (6) hapus tunjangan pajak Pph-21, (7) berlakukan pangkat minimal memangku jabatan sesuai aturan, serta (8) audit keuangan PD Pasar Jaya Tahun Anggaran 2016 & 2017 oleh inspektorat.

“Sebetulnya, kami sudah 4 kali menyampaikan surat tentang hal itu kepada Direktur Utama PD Pasar Jaya, dan 2 kali melakukan mediasi. Akhirnya, hari ini kami mengadakan aksi unjuk rasa, dengan harapan Dirut PD Pasar Jaya langsung turun menemui kami dan memenuhi semua tuntutan kami,” kata Kasman Panjaitan.

Para pengunjuk rasa pun menyampaikan ancaman akan kembali berdemo dengan jumlah yang lebih besar bila tuntutannya tidak dipenuhi.

 

Sudah Penuhi 6 Tuntutan

Sementara itu, manajemen PD Pasar Jaya, melalui Manajer Humas, Amanda Gita Dinanjar, menyatakan, pihaknya sudah memenuhi 6 dari 8 tuntutan Serikat Pegawai PD Pasar Jaya tersebut.

Terkait pengangkatan 15 tenaga profesional menjadi karyawan tetap dan menduduki jabatan struktural, Amanda menyebutnya sudah sesuai dengan peraturan.

Secara kelembagaan, lanjut Amanda, PD Pasar Jaya tidak menginginkan adanya aksi unjuk rasa semacam itu.

“Sebetulnya, sudah ada agenda pertemuan untuk mediasi, yang ditetapkan pada tanggal 1 Agustus 2017. Akan tetapi, pihak Serikat Pegawai mengirim surat ke PD Pasar Jaya, menyatakan tidak bisa mengikuti pertemuan atau audiensi yang telah disepakati tersebut,” kata Amanda kepada IGS Berita, Rabu (2/8) siang.

Menurutnya, ada dua alasan kenapa Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, tidak bisa menemui para pengunjuk rasa.

“Pertama, dalam surat demo mereka tidak disebutkan untuk bertemu langsung dengan Dirut. Selain itu, kebetulan jadwal Dirut hari ini sangat padat. Sementara pihak Serikat Pegawai sendiri tidak mau bertemu dengan jajaran direksi yang lain,” kata Amanda.

Pada aksi unjuk rasa yang berjalan damai dan santun itu, para peserta mengenakan Pakaian Dinas Harian (PDH) PD Pasar Jaya dengan melilitkan pita warna putih di lengan kanan. (jfm).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Tragedi Sacramento Uji Keadilan Hukum “Paman Sam”

Oleh YUKIE H. RUSHDIE   SORE itu, Minggu, 18 Maret 2018, seorang pemuda kulit hitam …

One comment

  1. Coba tanyak 6 tututan apa yang telah di penuhi
    – 15 orang profesional telah jelas melanggar peraturan yang berlaku, coba tanya tahap pertahap penerimaan pegawai pd pasar jaya lihat perda nya,lihat skbdireksi 112 tahun 2016 bunyinya seperti apa dan klau salah mohon humas pd pasar jaya banyak belajar tentang peraturan , agar tidak sembarangan berbicara

    – sp pd pasar jaya dua kali audensi tidak menemui titik temu dan tidak memiliki ke putusan terkesan mengulur ngulur waktu
    – klau memang pihak managemen ingin mengabulkan permintaan serikat pekerja 1 minggu sebelum demo mereka seharus nya mengabulkan permintaan tersebu sedangka audensi yang di lakukan pada 27 juli 2017 bapak arif nasrudin meninggalkan ruang audensi terlebih dahulu tanpa memberi tahu pengurus sp sedangkan pada tanggal 1 agustus senaja pihak manejemen senaja mengundang sp karna tau tanggal 2 akan di adakan demo.

    1. Apa saya yang telah di penuhi
    2. Tenaga telah jelas melanggar peraturan direksi daerah pasar jaya nomor 112 tahun 2016 (persyaratan pengangkatan dalam jabatan pegawai perusahan daerah pd pasar jaya). jika mengatakan sesuai prosudur coba baca peraturan tersebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *