Senin , 19 November 2018
Home / DAERAH / Sentuhan Tentara di Objek Wisata Pantai Pangasan
Pantai Pangasan
Pantai Pangasan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Foto: Arif Sasono, Fotografer Pacitan).*

Sentuhan Tentara di Objek Wisata Pantai Pangasan

PACITAN (IGS BERITA) — Tiba-tiba saja, banyak sekali tentara berkeliaran di jalur akses menuju objek wisata Pantai Pangasan, tepatnya di Desa Kali Pelus, Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ada apa gerangan?

Selidik punya selidik, ya… ternyata memang sedang ada sebuah rencana besar di sana yang membutuhkan sentuhan para tentara.

Pemerintah Kabupaten Pacitan menjadikan Desa Kali Pelus sebagai lokasi bagi pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-103.

Dipilihnya Desa Kali Pelus, karena ia merupakan jalur akses menuju objek wisata Pantai Pangasan yang memiliki panorama gunung-gunung kecil nan indah.

Di tahun anggaran 2018 ini, program TMMD mengusung tema “TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera, dan Demokratis”, yang digelar mulai 15 Oktober 2018 hingga 13 November 2018.

Pemilihan Desa Kali Pelus ini menjadi nyambung, karena sasaran dari kegiatan TMMD ke-103 itu adalah membuka dan mengembangkan Pantai Pangasan menjadi objek wisata bahari yang baru di Pacitan.

Harapannya, tentu, objek wisata Pantai Pangasan ini bisa menjadi magnet yang menyedot kunjungan wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara.

Program Nasional

Mewakili Gubernur Jawa Timur, Bupati Pacitan Indartato mengatakan, kegiatan TMMD ini termasuk program nasional lintas sektoral dengan target lokasinya di daerah-daerah terpencil, terisolasi, dan terpinggirkan.

“Program TMMD ini diharapkan dapat membantu meningkatkan percepatan pembangunan melalui pertumbuhan ekonomi di daerah, meningkatkan taraf hidup masyarakat, menurunkan kemiskinan, dan menempatkan desa sebagai subjek pembangunan,” ujar Indartato, dalam sambutannya yang mengatasnamakan Gubernur Jawa Timur, di lokasi TMMD, Senin (15/10/2018).

Menurutnya, TMMD sangat sesuai dengan Nawa Cita, program nasional pemerintah pusat untuk membangun Indonesia dari pinggiran, memperkuat basis infrastruktur masyarakat pinggiran, dan membangun ekonomi kerakyatan.

Indartato, atas nama Pemerintahan Kabupaten Pacitan, menyampaikan terimakasih kepada TNI dengan hadirnya TMMD di Desa Kali Pelus, karena program ini bisa membantu ekonomi masyarakat setempat.

“Tentunya kami sangat berterima kasih kepada TNI dan masyarakat Desa Kali Pelus yang telah aktif membantu. Kegiatan ini tentunya bisa menjadi jembatan menuju ekonomi masyarakat desa yang lebih baik,” ujarnya.

Pemberdayaan Ekonomi

Di tempat yang sama, Komandan Korem 081/DSJ, Kolonel (Inf) Masduki, mengatakan, program TMMD hadir untuk perubahan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Tujuan program TMMD ini, TNI hadir membantu masyarakat membuka jalan akses menuju objek wisata, supaya masyarakat luas dapat dengan mudah menuju ke sana,” ujarnya kepada awak media.

Pantai Pangasan
Danrem 081/DSJ, Kolonel (Inf) Masduki, dan Bupati Pacitan, Indartato, meninjau jalan akses menuju objek wisata Pantai Pangasan (Foto: Arif Suyono, Fotografer Pacitan).*

Dengan terbukanya akses jalan, lanjut Masduki, maka objek wisata Pantai Pangasan pun bisa dinikmati masyarakat luas, serta dapat membuka peluang sumber ekonomi masyarakat sekitar.

“Ya, kalau jalan ini sudah 100 persen, tentunya sumber ekonomi masyarakat bisa meningkat. Saya yakin, ke depan, objek wisata ini akan lebih maju lagi. Lihat saja keindahan pantai dan alamnya,” pungkas Masduki. (apr).*

Dog Hallow Fest

About Markus Marpaung

Check Also

5th Anniversary GGP Mall

5th Anniversary GGP Mall | Perjalanan Lintas Imajinasi

KOTA BEKASI (IGS BERITA) — Perhelatan 5th Anniversary GGP Mall, atau Grand Galaxy Park Mall, …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: