Senin , 19 November 2018
Home / DAERAH / Sempat Viral, Sentono Gentong Kini Sepi Pengunjung
Sentono Gentong
Objek wisata Sentono Gentong di Kabupaten Pacitan (Foto: Arif Sasono, Fotografer Pacitan).*

Sempat Viral, Sentono Gentong Kini Sepi Pengunjung

PACITAN (IGS BERITA) — Sentono Gentong, salah satu objek wisata di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, tepatnya di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, kini tak lagi banyak diminati pengunjung.

Padahal, di bulan Mei 2018, wahana wisata perbukitan tersebut sempat viral di media sosial (medsos), dan menjadi target para pelancong.

Jodi (26), pengelola tiket masuk objek wisata Sentono Gentong, mengakui, jumlah pengunjung memang mengalami penurunan drastis sejak akhir September 2018.

Sebelumnya, lanjut Jodi, rata-rata pengunjung yang datang ke Sentono Gentong bisa mencapai ratusan orang per hari, baik pada weekday apalagi weekend.

Situasi tersebut tentu saja mempengaruhi hasil pendapatan Jodi dari penjualan karcis, yang ia jual seharga Rp 10 ribu per orang.

“Jumlah pengunjung di sini semakin turun. Kalau hari biasa (weekday), paling banyak 20 sampai 30 orang. Di hari Minggu (weekend) saja, paling banter 70 orang. Tidak seperti dulu, pas lagi viral-viralnya. Rame banget,” ungkap Jodi kepada IGS Berita, Kamis (11/10/2018).

Faktor Ekonomi

Ismono (50), Kepala Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, membenarkan juga soal merosotnya pengunjung objek wisata Sentono Gentong.

Ia mengungkapkan, kondisi itu akhirnya mempengaruhi pendapatan daerah di desanya, yang turut mengalami penurunan.

Dalam pandangannya, penurunan angka pengunjung di objek wisata Sentono Gentong itu lantaran dipengaruhi faktor ekonomi yang kini tengah mengalami kelesuan.

“Ya, memang sekarang sangat sepi. Otomatis pendapatan dari Sentono Gentong juga menurun drastis. Saya rasa ini pengaruh ekonomi yang saat ini kurang menentu. Tidak hanya di Sentono Gentong yang sepi, tempat-tempat lain juga sama saja,” terang Ismono.

Selain itu, lokasi Sentono Gentong, yang resmi menjadi destinasi wisata pada Mei 2018, baru mendapatkan sentuhan pembangunan dan penataan sekitar 25 persen.

Menurut Ismono, untuk bisa mencapai 100 persen, pembangunan dan penataannya butuh waktu cukup lama dengan anggaran yang besar juga. Apalagi kalau ingin menyulapnya menjadi objek wisata bertaraf nasional, bahkan internasional.

“Sebenarnya, Sentono Gentong ini kan memang belum selesai, baik dari pembangunan maupun pengembangannya. Tapi keburu viral di mana-mana. Ya, mau gimana lagi? Tapi, bagi saya, ini akan kita garap terus pengerjaannya, walaupun sedikit demi sedikit,” katanya.

Pemandangan Alam

Seorang pelancong asal Surakarta, Jawa Tengah, Wahyu Candra (46), mengaku takjub akan pemandangan alam yang bisa ia nikmati melalui perbukitan Sentono Gentong.

Berawal dari informasi yang ia dapat melalui media sosial Facebook dan Instagram, Wahyu tergerak untuk berkunjung ke objek wisata Sentono Gentong tersebut.

Sentono Gentong
Objek Wisata Sentono Gentong (Foto: Arif Sasono, Fotografer Pacitan).*

“Awalnya saya penasaran dengan lokasi Sentono Gentong ini. Namanya begitu viral di sosial media Facebook dan Instagram teman-teman saya. Akhirnya, saya pun ke sini. Dan, jujur, saya sangat takjub melihat pemandangan alam yang luar biasa ini,” ungkap Wahyu.

Selain dapat menikmati pemandangan alam yang sangat menakjubkan itu, ia pun mengabadikan setiap sudut dari area Sentono Gentong untuk dijadikan sebagai bahan referensi terhadap rekannya.

“Karena saya suka sekali dengan tempat wisata seperti ini, saya akan jadikan referensi untuk rekan-rekan kerja saya yang ada di Bandung agar suatu saat kami bisa bersama-sama mengunjungi lokasi wisata Sentono Gentong,” pungkasnya.

Objek Wisata Selfie

Banyak pengakuan menyebut Sentono Gentong sangat pas kalau disebut objek wisata selfie. Karena, dari sudut manapun, semuanya indah untuk dipakai berfoto diri.

Wajarlah bila objek wisata di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ini sempat mencuri perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Area perbukitan yang menawarkan pemandangan alam Kota 1001 Goa dan hamparan Samudra Hindia itu dinilai berpotensi untuk menjadi salah satu alternatif objek wisata di kabupaten penghasil ikan tuna tersebut.

Bukit Sentono Gentong sendiri merupakan perpaduan antara wisata alam, wisata sejarah religi, dan wisata dirgantara.

Diketahui, area bukit karang Sentono Gentong, yang berada di atas Jurang Kars, sudah ada sejak zaman Kerajaan Brawijaya. Ia merupakan lokasi sejarah petilasan Mataram Ki Ronggo Sentono Gentong.

Meski terbilang baru dan pengelolaannya belum maksimal, namun Sentono Gentong cukup menjanjikan untuk menjadi objek wisata unggulan. Apalagi rencananya di sana akan dibangun beberapa fasilitas umum, sarana dan prasarana, bagi para wisatawan.

Objek wisata Sentono Gentong ini bisa diakses dengan kendaraan umum atau pribadi sekitar 20 menit perjalanan dari Kota Pacitan. Harga tiket masuknya pun terbilang sangat terjangkau, hanya Rp 10 ribu per orang. (apr).*

Dog Hallow Fest

About Mega Puspita

Check Also

5th Anniversary GGP Mall

5th Anniversary GGP Mall | Perjalanan Lintas Imajinasi

KOTA BEKASI (IGS BERITA) — Perhelatan 5th Anniversary GGP Mall, atau Grand Galaxy Park Mall, …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: