Sabtu , 23 Juni 2018
Home / NASIONAL / Rizieq Shihab Jadi Tersangka, Ini Reaksi Para Loyalis
Rizieq Shihab
Polda Jabar menetapkan Rizieq Shihab sebagai tersangka perkara dugaan penodaan lambang negara berdasarkan laporan Sukmawati Soekarnoputri. (Foto: Dok - IGS Berita).*

Rizieq Shihab Jadi Tersangka, Ini Reaksi Para Loyalis

JAKARTA (IGS BERITA) – Polda Jabar menetapkan Rizieq Shihab sebagai tersangka kasus dugaan penodaan lambang negara. Para loyalis dan pendukung pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu pun sontak bereaksi.

Yakub Arupalaka, Ketua Partai Pribumi, mengatakan, kalau Rizieq sampai ditahan, para loyalis dan simpatisannya siap bertaruh nyawa. “Hati kita terpanggil. Kalau sampai Habib (Rizieq Shihab) ditahan, sampai mati pun kita rela. Mati demi Habib,” katanya di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/1) malam.

Di mata Yakub, penetapan Rizieq Shihab sebagai tersangka merupakan rekayasa yang dibuat-buat, dan hanya permainan dari beberapa kelompok tertentu. “Bagi saya, ini bagian dari rekayasa. Ada latihan Brimob di sana. Ada rekayasa ini. Itu bagian dari permainan. Ya, kita tahulah. Kita umat Islam yang terzalimi (oleh) hanya satu orang,” kata Yakub.

Yakub mengklaim, pihaknya hanya ingin menegakkan hukum secara benar. Tapi, ternyata, balasannya malah seperti ini. Meski begitu, ia menyebutkan, FPI belum melakukan tindakan lanjutan terkait penetapan tersangka terhadap Rizieq Shihab itu.

“Kita masih menunggu kepastiannya. FPI mungkin nanti akan konfirmasi terkait tersangkanya Habib Rizieq. Kita belum ada tindakan,” katanya.

 

Rizieq Shihab Tidak Ditahan

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes (Pol) Yusri Yunus, menyatakan, Rizieq Shihab telah ditetapkan sebagai tersangka dengan ancaman hukuman dua pasal di bawah 5 tahun. Namun, Rizieq tidak ditahan.

“Di sini enggak ada penahanan. Pasal 154a ancaman hukumannya 4 tahun dan 9 bulan. Di bawah 5 tahun, enggak ada penahanan. Tapi status tersangka untuk di-BAP (Berita Acara Pemeriksaan). Mudah-mudahan seminggu lagi kita layangkan pemanggilan pertama untuk BAP,” kata Yusri di Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (30/1).

Ia mengungkapkan, barang bukti berupa video yang dilaporkan oleh Sukmawati Soekarnoputri adalah asli. Penetapan tersangka Rizieq Shihab itu, lanjut Yusri, juga telah dikuatkan dari keterangan saksi-saksi. (red).*

About igsberita.com

Check Also

Demi Menjaga Asas “Fairness”, Pengamat Menilai KPUD Dairi Harus Hati-hati Ajukan Kasasi

JAKARTA (IGS BERITA) — Pengamat politik dari Political Research and Developing Movements (PRDM) Jakarta, Tb. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *