Jumat , 19 Oktober 2018
Home / DAERAH / Ridwan Kamil Geram Atas Buruknya Sistem Pengelolaan KBB
Buruknya pengelolaan Kebun Binatang Bandung, mengakibatkan seekor beruang madu kelaparan. (Foto: Istimewa) . (Foto: Istimewa - IGS Berita).*

Ridwan Kamil Geram Atas Buruknya Sistem Pengelolaan KBB

BANDUNG (IGS BERITA) – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil merasa geram atas beredarnya sebuah video yang menampilkan seekor beruang madu kelaparan di Kebun Binatang Bandung (KBB).

Dalam video berdurasi satu menit dua puluh empat detik itu memperlihatkan seekor beruang yang sedang mengemis makanan ke para pengunjung KBB.

Video tersebut langsung meluas melalui media sosial dan mendapat perhatian besar dari netizen, hingga pecinta hewan internasional. Bahkan, sebagian dari mereka banyak yang menanyakan peran Wali Kota Bandung dalam mengatasi masalah di wilayah kerjanya.

Menanggapi hal tersebut, Walikota yang akrab disapa Emil itu mengutarakan kekesalannya melalui status jejaring sosial Facebook.

“Kebun Binatang Bandung itu milik pribadi/yayasan bukan milik negara atau milik Pemkot,” tulisnya, Kamis (19/1).

Ia menegaskan, pemberian izin, teguran hukum atau pencabutan izin operasional semua kebun binatang se-Indonesia secara hukum adalah kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup melalu BKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam), bukan Pemerintah Kota.

“Pemkot Bandung sudah banyak berupaya dalam batas hukum yang dimiliki: sudah berkirim surat komplain sejak tahun lalu ke Kementrian Lingkungan Hidup untuk bertindak tegas terhadap isu ini. Karena tahun lalu ada gajah mati tidak terurus,” katanya.

Ia menuturkan, Pemerintah Kota Bandung sudah mengirim surat teguran ke yayasan Kebun Binatang untuk memperbaiki situasi yang mempermalukan nama baik Kota Bandung, termasuk menawarkan mencarikan investor baru jika memang pengelola Kebun Binatang kesulitan keuangan.

“Andai secara hukum, kewenangan ijin/pengelolaan ada, pemkot mah udah dari kapan-kapan kami beresin masalahnya,” ucapnya.

Selain itu, kekecewaan Emil pun ditunjukan untuk menangkis tanggapan masyarakat Kota Bandung yang sering menghujat jajarannya tanpa meriset fakta beritanya terlebih dahulu.

Sebelumnya, seekor gajah bernama Yani dikabarkan mati pada Mei tahun lalu. Hal tersebut dianggap membawa citra negatif kepada Pemkot Bandung mengingat buruknya pengelolaan yang dilakukan oleh pihak Kebun Binatang Bandung (KBB) sehingga hal serupa terjadi lagi saat ini. (ars).*

 

About Yukie Rushdie

Check Also

Kondisi Gedung Olahraga di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur, 17/10/2018. (Foto: Suluh Apriyanto/IGSBERITA).*

Tidak Terawat, Begini Kondisi Fasilitas Olahraga Di Pacitan

PACITAN (IGSBERITA) – Dua fasilitas olahraga di Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa timur kondisinya kian parah …

Tinggalkan Balasan