Rabu , 16 Januari 2019
Home / PERISTIWA / Prediksi BNPB: Letusan Anak Krakatau Takkan Sedahsyat 1883
Dahsyatnya erupsi Gunung Krakatau 1883, letusan terdengar telinga manusia sampai jarak 4.500 km | Foto DOK. IGS BERITA |

Prediksi BNPB: Letusan Anak Krakatau Takkan Sedahsyat 1883

JAKARTA | IGS BERITA | Kalaupun terjadi, letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda diprediksi takkan sedahsyat bencana Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Namun, erupsinya tetap harus diwaspadai, karena terbukti mampu memicu longsor bawah laut yang menyebabkan tsunami di Banten dan Lampung.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, tahun 1883, Gunung Kratau meletus dahsyat karena saat itu ada tiga gunung yang meletus secara bersamaan.

“Gunung Anak Krakatau tidak akan seperti tahun 1883,” kata Sutupo, di Kantor BNPB, Jakarta, Selasa (25/12/2018).

Tiga puncak gunung yang membentuk Gunung Krakatau saat itu adalah Gunung Rakata, Gunung Danan, dan Gunung Perbuwatan.

Adanya tiga gunung ini membuat dapur magma sangat besar, sehingga begitu meletus bersamaan efeknya sangat dahsyat. Saking dahsyatnya, badan Gunung Krakatau sendiri sampai habis saat itu.

Baru pada 1927 Gunung Anak Krakatau muncul dan terus tumbuh hingga saat ini. Gunung itu pun saat ini tengah erupsi, yang merupakan bagian dari proses pertumbuhannya sebagai gunung api.

Erupsi Gunung Anak Krakatau itu jualah yang menyebabkan longsor bawah laut sehingga memicu gelombang tinggi tsunami di Lampung dan Banten. Sebuah tsunami yang tanpa didahului tanda-tanda seperti gempa dan surutnya air laut.

Dalam catatan sementara, sudah ada 429 orang meninggal, 1.485 luka-luka, 154 orang hilang, dan 16.082 orang mengungsi.

Jumlah ini ada kemungkinan akan terus bertambah, karena penyisiran masih dilakukan Tim SAR gabungan di lima wilayah, yakni Kabupaten Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus, dan Pesawaran.

Kabupaten Pandeglang jadi daerah paling parah terdampak tsunami, di mana ada 290 meninggal, 1.153 luka-luka, dan 77 orang hilang. |MGA|

Pemerintah Kabupaten Pacitan

About Yukie Rushdie

Check Also

Prediksi BNPB: Ada 2.500 Bencana di 2019

JAKARTA | IGS BERITA | Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi terjadi lebih dari 2.500 kejadian bencana di …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: