Jumat , 25 Mei 2018
Home / DAERAH / Penemuan Mayat Balita di Banyumas

Penemuan Mayat Balita di Banyumas

BANYUMAS (IGS BERITA) – Sesosok mayat balita berjenis kelamin perempuan ditemukan terkubur dalam gundukan tanah berkedalaman sekitar 50 cm di samping jalan setapak sebelah Hotel Queen Garden, Grumbul Munggangsari, Desa Karangsalam RT 01 RW 03, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (13/12), sekitar pukul 17.30 WIB.

Mayat anak perempuan berusia sekitar 2 tahun itu ditemukan masih menggunakan pakaian lengkap, dibalut selimut dan jarit (kain batik panjang). Terdapat luka barutan di siku lengan kiri dan luka lebam di bibir bagian dalam.

Penemuan mayat itu berawal ketika seorang warga Desa Karangsalam, Sirun Rondia, 34, mencari rumput dan ranting kering di sebuah kebun kosong, sebelah Hotel Queen Garden, Selasa (13/12). Tiba-tiba, sewaktu berniat pulang, sekitar pukul 17.30 WIB, ia seperti mendengar suara orang yang meminta tolong.

Kemudian, ia mendapati adanya sebuah gundukan tanah di sekitar lokasi. Sirun pun mencoba menggali gundukan tanah tersebut, dan seketika itu juga ia terkesiap demi melihat sesosok mayat balita perempuan di dalamnya.

Sirun bergegas menghubungi warga Desa Karangsalam lainnya, Katam Pariyanto, 48, lalu melaporkan temuan itu kepada pihak Kepolisian Sektor Baturaden dan Puskesmas II Baturaden untuk bersama-sama mendatangi TKP.

Berdasarkan pengecekan sementara Bidan Akmilatun Latifa dari Puskesmas II Baturaden, mayat balita itu diperkirakan sudah meninggal dunia sejak dua hari sebelum ditemukan.

Selanjutnya mayat balita perempuan itu pun dibawa ke ruang mayat RS Margono Soekardjo untuk dilakukan proses otopsi.

Berdasarkan kajian terhadap fakta-fakta dan tanda-tanda yang ditemukan di lokasi penemuan, diduga mayat balita itu merupakan korban tindak pidana pembunuhan. Pasalnya, korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di dalam gundukan tanah berkedalaman sekitar 50 cm, di sebuah kebun kosong yang bukan merupakan tempat pemakaman umum (TPU).

“Saat ditemukan, kondisi korban masih berpakaian lengkap, dibalut selimut dan kain jarit. Lokasi tempat ditemukannya korban pun sangat sepi dan merupakan jalan setapak yang hanya bisa dilintasi menggunakan kendaraan bermotor roda dua. Kemungkinan pelaku pun sangat mengetahui situasi dan kondisi TKP,” kata Kapolsek Baturaden, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Susanto.

Dari hasil penyelidikan di sekitar TKP, masyarakat sekitar tidak ada mengenali ciri-ciri korban tersebut. Melihat baju yang dikenakan korban, juga kain selimut serta jaritnya yang terlihat berkualitas bagus, diduga ia merupakan warga perkotaan.

Dalam beberapa hari lalu, di masa-masa libur panjang, wilayah Baturaden banyak dikunjungi wisatawan. Maka, tidak menutup kemungkinan korban merupakan salah satu wisatawan yang menginap di wilayah sekitar Lokawisata Baturaden. (swd).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Blunder KPU

Oleh YUKIE H. RUSHDIE   DALAM sepakbola, ada pepatah: “Berbeda dengan striker, penjaga gawang sama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *