Jumat , 25 Mei 2018
Home / MEGAPOLITAN / Pagelaran Seni Budaya Betawi 2016 di Cikarang: Kolaborasi Festival Seni vs Kontes Batu Pandan

Pagelaran Seni Budaya Betawi 2016 di Cikarang: Kolaborasi Festival Seni vs Kontes Batu Pandan

CIKARANG (IGS BERITA) – Pagelaran Seni Budaya Betawi 2016, yang berlangsung selama dua hari, 5-6 November 2016, di Sentral Grosir Cikarang, Kabupaten Bekasi, menyajikan kolaborasi antara festival seni dengan Kontes Batu Pandan. Hal itu, sebagaimana disinggung Bupati Bekasi (Non-Aktif), Hj. Neneng Hassanah Yasin, demi merevitalisasi tradisi-tradisi seni dan budaya yang hidup di wilayah Jabodetabek.

Dalam event ini, gabungan komunitas Batu Pandan yang ada di Cikarang, seperti KPCS, Kapas, dan Padepokan Pandan Lawas, didukung beberapa tokoh budaya setempat, melaksanakan “hajat”-nya bekerjasama dengan Pemkab Bekasi, SGC Manajemen, Hotel Batik, Honda, dan lain-lain.

Acara diisi dengan berbagai macam kesenian daerah, seperti tarian Betawi, pencak silat, pembacaan ayat suci Al Quran, dan Jaipong, serta Kontes Batu Pandan yang digawangi tim juri dari KPPN.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Birma atau Alen Nasution, tujuan diselenggarakannya festival ini adalah untuk melestarikan aneka budaya asli Betawi dan sekitarnya, sekaligus menularkan kepada generasi muda agar mencintai budaya lokal yang kaya akan makna.

Sementara itu, Dadang Marasabessy, Wakil Ketua Panitia Penyelenggara, menyebutkan, digabungkannya acara festival seni dengan Kontes Batu Pandan – antara lain – agar dunia perbatuan kembali meriah, terutama untuk para seller. Karena, menurutnya, Batu Pandan merupakan bagian dari salah satu warisan tradisi budaya masyarakat Bekasi dan sekitarnya, sehingga layak untuk tetap dilestarikan.

Acara pembukaan pada Sabtu (5/11) tadi, antara lain diisi dengan atraksi pencak silat oleh salah satu tokoh masyarakat Bekasi yang akrab dengan sebutan Lurah Pitung. (pys).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Kasus Mal Transmart Tajur: Kasatpol PP Kota Bogor Tidak Mau Kecolongan

KOTA BOGOR (IGS BERITA) — Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor, Herry …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *