Jumat , 19 Oktober 2018
Home / DAERAH / NasDem Waspadai “Skenario” Kuasai Tubuh KPU
Tubuh KPU
DPD Partai NasDem Kabupaten Sumedang (Foto: Dok. IGS Berita).*

NasDem Waspadai “Skenario” Kuasai Tubuh KPU

SUMEDANG (IGS BERITA) — Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai NasDem Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Toni S Liman, mewaspadai adanya “skenario” untuk menguasai tubuh KPU (Komisi Pemilihan Umum).

Pernyataan itu disampaikan Toni setelah menyimak kekisruhan yang terjadi dalam proses seleksi calon anggota KPU Kabupaten Sumedang periode 2018-2023.

BACA JUGA:

 “Kami menduga, ada upaya untuk meloloskan orang-orang yang tidak kompeten dalam proses seleksi tersebut. Bahkan, kami sangat khawatir, bila ditarik secara menyeluruh, ada skenario besar nantinya untuk kepentingan nasional,” kata Toni melalui pesan WhatsApp-nya kepada IGS Berita, Kamis (21/9/2018) malam.

Ia menduga, “skenario” itu ada dan sangat terstruktur. Maka, ia mendorong pihak-pihak yang berwenang untuk mengurai dan menuntaskan masalah tersebut.

“Masuknya orang-orang yang kurang kompeten dan tidak punya integritas ke tubuh KPU, baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, maupun RI, tentunya melahirkan kekhawatiran. Bukan pada NasDem saja, tapi juga semua parpol lain yang menjadi peserta pemilu. Bukan secara administratif. Tapi ancaman sikap keberpihakan dan kurang transparan. Itu yang harus kami antisipasi dari sekarang,” kata Toni.

Terkait isu adanya intervensi ormas tertentu dalam proses seleksi KPU di Sumedang, Toni menyatakan pihaknya tidak akan menanggapi wacana itu secara khusus.

“Meski begitu, NasDem Sumedang akan mendorong pihak-pihak berwenang untuk memeriksa dan mengklarifikasi soal dugaan kecurangan dalam proses seleksi KPU Sumedang tersebut,” kata Toni.

Ia kemudian menitipkan pesannya bagi pihak-pihak yang berwenang menangani kekisruhan dalam proses seleksi calon anggota KPU Sumedang tersebut.

“Luruskan barisan. Usut dan tuntaskan masalah dugaan konspirasi ini, sehingga kepercayaan publik pulih. Jika terbukti, lakukan tes ulang, seleksi ulang, segera!” tandasnya.

Secara umum, lanjut Toni, kisruh seleksi KPU Sumedang belum memberi dampak yang bersifat langsung terhadap DPD NasDem. Tapi memang melahirkan kekhawatiran terhadap kemungkinan yang akan terjadi selanjutnya.

“Dampak secara langsung memang belum. Karena, beberapa hal penting, seperti persyaratan untuk Pileg, masih ditangani oleh komisioner-komisioner KPU periode 2013-2018. Namun, kekhawatiran jelas ada,” katanya.

Di mata Toni, kemunculan “skenario” yang mencemaskan itu merupakan tantangan baginya sebagai Ketua Bappilu DPD Partai NasDem Kabupaten Sumedang.

“Sebagai Ketua Bappilu, saya diberikan target tertentu, yaitu kami harus mendapatkan jumlah kursi yang cukup untuk membentuk satu fraksi di DPRD Kabupaten Sumedang. Kami tetap optimis target itu bisa tercapai,” kata Toni lagi. (gsr).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Kondisi Gedung Olahraga di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur, 17/10/2018. (Foto: Suluh Apriyanto/IGSBERITA).*

Tidak Terawat, Begini Kondisi Fasilitas Olahraga Di Pacitan

PACITAN (IGSBERITA) – Dua fasilitas olahraga di Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa timur kondisinya kian parah …

Tinggalkan Balasan