Jumat , 25 Mei 2018
Home / LINTAS GEMSTONE / Mengenal Batu Pandan: “Pandan for Lifestyle!”

Mengenal Batu Pandan: “Pandan for Lifestyle!”

pandan-oke-insertDI Pulau Jawa, terutama di wilayah Tanah Betawi, keberadaan Batu Pandan berjalan beriringan dengan perkembangan dunia batu mulia asli Indonesia. Kini, dengan maraknya kontes-kontes batu yang digelar di luar Pulau Jawa, kolektor pemburu Batu Pandan pun kian tersebar. Bahkan, di tengah merosotnya penjualan batu jenis lain, eksistensi Batu Pandan tetap terjaga. Boleh jadi, ini tak lepas dari banyaknya promosi tentang Batu Pandan itu sendiri, baik yang dilakukan oleh komunitas maupun perorangan.

Secara material, batu dari jenis chalcedony dengan sebutan Anggur Berserat alias Pandan ini memiliki rumus kimia SiO2. Sedangkan menurut definisinya, Pandan adalah jenis varian agate chalcedony dengan serat atau sisik sebagai cirinya. Secara garis besar, Pandan terbagi ke dalam dua bagian, yaitu Pandan Sisik dan Pandan Sutera. Berikut adalah beberapa jenis varian Pandan yang sering dilombakan dalam kontes.

pandan-3Pandan Kapas: jenis Pandan yang mengacu ke warna putih kapas dan/atau ke warna putih awan. Secara visual, warna tersebut merata di seluruh bagian batu.

Pandan Nanas: varian Pandan yang warnanya mengacu ke kuning. Adapun jenis Nanas ini masih terbagi ke dalam beberapa sub-warna lain, yaitu: Nanas Madu (warna kuning kecokelatan dan/atau cokelat kekuningan seperti warna madu secara umum), Nanas Extra Joss (acuan warnanya adalah warna kuning cerah), dan Nanas Golden (warna acuannya adalah warna emas dengan sedikit campuran unsur cokelat muda).

Pandan Merah: jenis Pandan yang warnanya menjurus ke arah merah secara keseluruhan, serta minim campuran unsur warna lain. Adapun varian Pandan Merah ini terbagi ke dalam beberapa varian, antara lain: Merah Jamblang (warna merahnya mengandung campuran warna ungu muda, tua, atau warna lain), Merah Pepaya (warna merahnya lebih banyak dipengaruhi unsur warna oranye (redish orange), dan Merah Fanta (acuan warnanya adalah warna merah yang cerah).

Pandan Oli: adalah Pandan yang warnanya mengacu ke warna oli secara keseluruhan, mulai cokelat tua atau bahkan ungu gelap cenderung agak hitam.

pandan-1Pandan Sutera: varian Pandan yang memiliki ciri serat seperti alur garis dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Sutera terbagi ke dalam beberapa varian, yakni Sutera Serit (memiliki ciri serat halus, tajam, tegas secara visual, padat dan tertata rapi seperti layaknya serit), Sutera Capung (visual dari seratnya agak jarang jika mengacu ke garis yang terdapat pada ekor capung), dan Sutera Lumut (lebih menjurus ke arah warna lumut pada umumnya, mulai warna lumut semu hijau, kekuningan, abu-abu cerah, abu-abi tua, bahkan hijau tua, kecokelatan cenderung tua, sementara alur seratnya bisa berupa serat capung, serit, atau bahkan serat jarum).

pandan-2Pandan Biduri: varian Pandan dengan ciri khas sangat kristal, baik Biduri Sisik maupun Biduri Sutera, memiliki bias air atau klep warna kebiruan, kuning, atau perpaduan keduanya. Biduri terbagi ke dalam beberapa varian, yakni Biduri Sisik (visualisasi antara sisik yang tertata rapi, teratur, dan kristal yang tajam menimbulkan fenomena tersendiri, serta ada bias air biru, kehijauan, atau kuning, dengan klep tajam bila terkena cahaya sinar), dan Biduri Sutera (secara visual garis alur seratnya terkadang tidak tampak jika tanpa bantuan sinar cahaya, tetapi kristalisasi dan klep bias warnanya sangat  tegas).

Pandan Lumut: jenis pandan dengan warna utama semu hijau, hijau muda, hijau tua, abu abu kehijauan/kekuningan, dan hijau cenderung gelap. Pandan Lumut ini dibagi ke dalam beberapa jenis, yakni Lumut Semu (semua jenis Pandan Sisik yang warna hijaunya masih sangat muda, abu-abu semu hijau, dan hijau lembut dengan masih membawa sedikit warna dasar putih), Lumut Umum (visualisasi warna abu-abu, kehijauan, perpaduan kuning kehijauan, atau abu-abu dengan saturasi warna yang seragam), dan Lumut Lawas (ciri khas secara visual terletak pada sisiknya yang sudah koyak seperti bahan baju yang rapuh, sisik bolong-bolong dengan kristal atau fenomena klep yang tegas, sementara tampilan warnanya bisa abu-abu tua, hijau pekat dan/atau hijau kekuningan, atau bahkan terdapat unsur warna cokelat atau gelap).

pandan-6Pandan Unik/Langka: varian Pandan yang memiliki keunikan tersendiri, berdaya tarik tinggi secara visual. Materialnya sulit didapat. Keunikan yang utama bisa terletak dari bentuknya, warna atau sisik hingga motif yang membentuk suatu fenomena tersendiri.

Pandan Sisik Unik: jenis Pandan yang memiliki keunikan dari bentuk susunan sisiknya. Sangat menarik secara visual.

Pandan Sule: varian Pandan dengan ciri khas garis Sulaiman/Sule yang menjadi daya tarik batu. Sule tersebut bisa menyerupai seperti hologram, berundak, lingkaran atau membentuk satu fenomena tersendiri.

Pandan Sisik Betok: varian Pandan yang memiliki sisik besar-besar mengacu ke jenis sisik ikan betok.

Pandan Combong: varian Pandan dengan lubang yang presisi dan memiliki fenomena serta berdaya tarik tinggi.

Pandan Kelopak Mayang: varian Pandan dengan ciri khas sisik seperti kelopak bunga yang merekah.

pandan-5Pandan Sisik Warna: varian Pandan dengan ciri khas terletak pada sisiknya yang berwarna. Warna sisik tersebut bisa merah, oranye, kuning atau warna lain. Catatan: jenis Pandan Sisik Warna ini banyak dihasilkan dari daerah Pacitan, Bengkulu, Way Kanan Lampung dan Baturaja.

Selain jenis-jenis Pandan di atas, ada varian-varian lain yang juga sering dikonteskan, seperti Pandan Mini Sisik, Pandan Babon, Pandan Rudal, Pandan Lumut Medium, Pandan Mini Sutera, dan Pandan Lumut Mini.

Definisinya sama seperti Pandan jenis lainnya di atas. Perbedaannya hanya terletak pada dimensi ukurannya.

 

Parameter Penilaian Kontes Pandan

Beberapa parameter penilaian yang sudah diterapkan dalam kontes Batu Pandan Sisik dan Sutera, yaitu: Kerapihan sisik/serat, Warna, Kristalisasi, Fenomena/Klep, Kebersihan, dan Keserasian Bentuk Gosokan dengan Ring/Ikatan.

Catatan: Keserasian di sini dilihat bukan dari materi ikatan atau ring, tetapi lebih dititikberatkan pada keserasian antara bentuk gosokan dengan ikatan. Bisa saja ring tersebut terbuat dari stainless steel, perak, suasa, atau bahkan kuningan.

pandan-4Untuk jenis kelas kontes Pandan Lumut secara umum bisa saja nilai tertinggi justru terletak pada warna dan/atau kristalisasi, bahkan dari kerapuhan sisik (Pandan Lumut Lawas ).

Sedangkan pada Pandan Unik/Langka, yang menjadi parameter adalah bentuk visual batu tersebut memiliki daya tarik tinggi, jarang ditemui. Bisa karena memang bentukan alam dengan sentuhan sedikit tangan manusia atau keunikannya terletak dari warna dan/atau sisik yang membentuk suatu fenomena tersendiri. Batu pandan unik ini jarang ditemui karena materialnya jarang. Jika di atas meja kontes Pandan Unik terdapat beberapa jenis batu yang sama dan/atau hampir sama, apakah hal tersebut dapat dikatakan unik/langka?

Nah… jika sudah mengenali berbagai jenis Pandan, tak ada salahnya jika Batu Pandan dimasukkan ke dalam daftar salah satu batu koleksi. Sehingga, layak pulalah jika Pandan pun menjadi bagian dari gaya hidup alias Pandan for Lifestyle! (pys).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Zulfikar Harapkan Seni Batu Mulia Bangkit Lagi di Tahun 2017

  LAMPUNG (IGS BERITA) – Mungkin semua kalangan pecinta seni batu mulia Indonesia belum semuanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *