Sabtu , 18 Agustus 2018
Home / SPORT / Dari Kongres PSSI 2017: Mantan Pelatih Timnas Spanyol U-21 Dibidik Gantikan Riedl

Dari Kongres PSSI 2017: Mantan Pelatih Timnas Spanyol U-21 Dibidik Gantikan Riedl

BANDUNG (IGS SPORT) – Kongres Tahunan PSSI 2017, yang berakhir di Hotel Aryaduta Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/1), melahirkan beberapa keputusan penting. Antara lain, PSSI melepas Alfred Riedl sebagai pelatih timnas, dan – sebagai gantinya – membidik mantan pelatih Timnas Spanyol U-21 yang menjuarai Piala Eropa U-21 tahun 2011, Luis Milla Aspas.

Menurut Ketua Umum PSSI, Letnan Jenderal (TNI) Edy Rahmayadi, faktor usia menjadi salah satu faktor utama kenapa timnas Indonesia takkan lagi menggunakan jasa Alfred Riedl, yang terakhir membawa Boas Salossa dkk menjadi runner up Piala AFF 2016.

“Nama (Alfred) Riedl sudah tidak ada. Beliau kan sudah tua, jadi kasih kesempatan yang lain,” kata Edy kepada wartawan di Bandung, Minggu (8/1).

Selanjutnya, Edy menyebut, PSSI kini membidik mantan pelatih timnas Spanyol U-21, Luis Milla Aspas. Alasannya, PSSI ingin mengadaptasi permainan ala Spanyol, karena postur tubuh dan gaya permainan Indonesia mirip dengan Tim Matador.

“Postur tubuh dan permainan kita itu mirip dengan mereka (Spanyol). Jadi, kita coba untuk datangkan pelatih yang sudah memahami karakter permainan seperti ini,” katanya.

Catatan Luis Milla Aspas, baik sebagai pemain maupun pelatih, memang cukup mentereng. Ia pernah membela dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, sekaligus mengecap nikmatnya menjuarai La Liga dan Piala Spanyol (Copa del Rey).

Di aras kepelatihan, pria berusia 50 tahun ini menjadi arsitek di balik kesuksesan Tim Matador menjuarai Piala Eropa U-21 tahun 2011. Sebelumnya, di level U-19, ia pun membawa timnas Spanyol menjadi runner up Piala Eropa U-19 tahun 2010.

Selain Luis Milla Aspas, ada sebuah nama lagi yang jadi bidikan PSSI untuk menukangi timnas, yakni salah satu pahlawan Prancis saat mengantar Les Bleus menjuarai Piala Eropa 1984, Luis Fernandes.

Mantan pemain timnas Prancis seangkatan Michel Platini ini lahir di Spanyol tapi kemudian pindah ke Negeri Mode itu saat usianya menginjak 9 tahun. Sebagai pelatih, Fernandes pernah menangani tim nasional Israel dan Guinea.

Di tingkat klub, Luis Fernandes mengantar Paris Saint-Germain (PSG) menjuarai Piala Prancis dan Piala Super Prancis tahun 1995, serta mengusung Piala Winners Eropa 1996 dan Intertoto 2001.

Secara nama dan reputasi, kedua pelatih asing yang kini dibidik PSSI untuk menggantikan Alfred Riedl itu memang layak diharapkan bisa menghadirkan kebangkitan bagi prestasi timnas Indonesia. (ars).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Argumentasi Kegilaan di Piala Dunia

Oleh YUKIE H. RUSHDIE   SUNGGUH di luar dugaan, tulisan saya kemarin (Menghitung Langkah Juara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *