Sabtu , 15 Desember 2018
Home / INVESTIGASI / Kisah Koruptor Wawan ‘Ngamar’ Bareng Artis Wanita di Luar Lapas
Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan dijenguk istrinya, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany | Foto DOK. IGS BERITA |

Kisah Koruptor Wawan ‘Ngamar’ Bareng Artis Wanita di Luar Lapas

BANDUNG | IGS BERITA | Terpidana kasus korupsi, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan, beberapa kali mengajukan izin berobat keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung.

Namun, izin itu kerap disalahgunakan suami Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany tersebut. Dia malah bertemu keluarga hingga menginap di hotel bersama wanita.

Hal itu terungkap dalam sidang perdana eks Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen, yang digelar di ruang tipikor Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, pada Rabu (5/12). Wawan menjadi warga binaan (narapidana) sejak tahun 2015.

Jaksa dari KPK, Trimulyono Hendradi, dalam berkas dakwaannya menyatakan, pada Maret 2018 sampai Juli 2018, Wahid Husen memberikan kemudahan dalam izin keluar dari Lapas untuk Wawan selama beberapa kali.

Di antaranya, pada tanggal 5 Juli 2018 dalam bentuk Izin Luar Biasa (ILB) dengan alasan mengunjungi ibunya yang sedang sakit di Serang, Banten.

Setelah diberikan izin, Wawan malah pergi menginap di Hotel Hilton Bandung selama dua hari.

Lalu, Wahid Husen memberikan izin Wawan keluar Lapas dalam bentuk izin berobat ke Rumah Sakit Rosela, Karawang, pada tanggal 16 Juli 2018.

Lagi-lagi izin itu disalahgunakan Wawan yang malah menginap di luar Lapas.

Diketahui, Wawan divonis 5 tahun karena terbukti menyuap mantan Ketua MK, Akil Mochtar, dalam sengketa pilkada Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten.

Ngamar dengan Artis Wanita

Pada tanggal 16 Juli 2018 itu, Wawan pergi menggunakan mobil ambulans yang dibawa staf Keperawatan Lapas Sukamiskin bernama Ficky Fikri.

Tapi, ia tidak pergi ke Karawang, melainkan ke parkiran rumah sakit di kawasan Arcamanik, Bandung.

Sesampainya di parkiran rumah sakit itu, Wawan lalu pindah ke mobil Toyota Innova warna hitam yang dikendarai Ari Arifin yang telah menunggunya.

Mereka pergi menuju rumah kakaknya, Ratu Atut Chosiyah, di Jalan Suralaya IV Bandung.

“Setelah itu, perjalanan dilanjutkan kembali menuju Hotel Grand Mercure Bandung. Wawan kemudian menginap di hotel tersebut bersama teman wanitanya,” kata Jaksa dari KPK, Trimulyono Hendradi, dalam dakwaan Wahid Husen.

Jaksa pada KPK, Takdir Suhan, memberi bocoran sosok perempuan yang diajak ‘ngamar’ itu.

“Diduga artis,” ujar Jaksa Takdir, Kamis (6/12/2018).

Dia menyembunyikan identitas artis perempuan yang dimaksud. Menurutnya, semua bukti akan dibuka di persidangan, termasuk CCTV.

Tertangkap CCTV

Jaksa Takdir Suhan mengaku, bukti itu akan dibuka di persidangan. Ada CCTV yang merekam saat Wawan masuk ke hotel bersama perempuan lain yang diduga artis.

“Nanti akan dibuka di sidang. Ada CCTV pas cek in,” ujar Jaksa Takdir.

CCTV itu diambil bulan Juli 2018, saat Wawan menginap di Hotel Hilton Bandung selama dua hari.

Saat itu, Wawan beralasan meminta izin mengunjungi ibunya yang sedang sakit di Serang, Banten. Izin itu diberikan langsung oleh mantan Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen.

Pada pertengahan Juli 2018, Wawan kembali meminta izin berobat. Tapi kenyataannya Wawan kembali menginap di luar lapas. Namun Takdir tidak merinci saat Wawan cek in dengan perempuan diduga artis.

“Selebihnya kita tunggu persidangan,” ucapnya.

Bantahan Kuasa Hukum

Pada satu waktu, Wawan ketahuan menggunakan izin berobat untuk menginap di hotel bersama teman wanitanya.

Kuasa hukum Wawan, Tubagus Sukatma, membantah dakwaan yang disampaikan jaksa di persidangan itu.

“Klien saya membantah menginap di hotel bersama seorang wanita,” kata Tubagus Sukatma saat berbincang dengan awak media, Kamis (6/12/2018).

Tubagus menambahkan, kliennya juga membantah isi dakwaan yang menyebut pernah memberikan sejumlah uang ke Wahid selama menjadi Kalapas.

“Klien saya membantah tentang tuduhan jaksa seakan-akan klien saya telah memberikan uang atau fasilitas kepada terdakwa,” jelasnya.

Dia menambahkan, sebenarnya Wawan sudah memberikan penjelasan dan bantahan itu saat diperiksa sebagai saksi untuk Wahid Husein.

Bahkan, katanya, suami Airin tersebut akan kembali menjelaskan di persidangan saat diminta sebagai saksi.

Terkait pengakuan KPK akan mengeluarkan CCTV yang merekam kebersamaan Wawan dan artis wanita di hotel, dia juga memastikan tak benar.

Kan Pak Wawan sudah membantah dan saya juga heran rasanya enggak mungkin dakwaan nyerempet soal-soal domestik dan infotainment,” jelas Tubagus.

Airin Rajin Jenguk

Sudah hampir empat tahun lamanya Airin Rachmi Diany tinggal berpisah dengan suaminya Tubagus Chaeri Wardana aliasWawan.

Wawan harus mendekam di balik jeruji besi karena terjerat sejumlah kasus korupsi yang ditangani KPK.

Meski kondisi mengharuskan mereka berpisah tempat tinggal, wanita berparas ayu itu rutin menyempatkan membesuk ke penjara di tengah kesibukannya sebagai Wali Kota Tangerang Selatan. Dua anaknya juga diajak.

“Setiap minggu Bu Airin dan anak-anak ada besuk,” kata kuasa hukum Wawan, Tubagus Sukatma, Kamis (6/12/2018).

Pada persidangan mantan Kalapas, Wahid Husen, terungkap kehidupan adik Ratu Atut itu selama berada di Sukamiskin. Dia sering mengajukan izin berobat namun disalahgunakan untuk menginap di luar.

Bahkan pada satu waktu, dia ketahuan menginap di hotel bersama teman wanita yang belakangan diketahui seorang artis.

Lalu apa tanggapan wanita berkerudung itu?

“Saya belum ketemu ibu,” kata Tubagus Sukatma menjawab singkat.

Airin Pilih Diam

Kelakuan Wawan selama di LP Sukamiskin Bandung yang terungkap dalam persidangan dengan terdakwa mantan Kalapas Wahid Husein itu enggan ditanggapi Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

Saat turun dari lantai dua ruang kerjanya di Pemkot Tangsel, wanita berhijab itu langsung masuk ke mobil Kijang Innova yang sudah menunggunya sambil melambaikan tangan ke awak media.

Terpisah, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, menjelaskan, hari ini Airin bekerja seperti biasa.

“Biasa, engga ada yang berubah dari sikap Wali Kota Tangsel. Dia tetap bisa fokus menjalankan tugas-tugas pemerintahan,” terang Benyamin saat ditanya apakah ada perubahan sikap Airin hari ini, Rabu (5/12/2018).

Benyamin menjelaskan kenapa Airin meninggalkan awak media, karena ia banyak agenda menunggu.

“Agenda dinas sedang padat, semalam juga rapat sampai pukul 02.00 membahas mutasi Lurah. Kalau bahas APBD bisa sampai jam 4. Saya no comment-lah kalau kegiatan pribadi ibu. Tapi kalau kegiatan pemerintah yang pasti tetap jalan,” tegas Benyamin.

Sementara itu, ayah kandung Airin, Anwar Martadiharja, yang akrab disapa Abah, juga terlihat mendatangi kantor Airin. Ketika dimintai keterangan, Abah juga menjawab ringkas.

“Iya, gak papa, gak papa. Berita yang mana nih? Saya tidak mengomentarinya, nanti saja sama beliau,” kata abah Anwar. |MGA|

Dog Hallow Fest

About Mega Puspita

Check Also

Kasudis SDA Jakbar: Tak Ada Regulasi Soal Bongkaran Milik Negara

JAKARTA | IGS BERITA | Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Kasudis SDA) Jakarta Barat, …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: