Senin , 19 November 2018
Home / DAERAH / Karnaval Pesona Danau Toba 2018 Mengusung Tema “Ulos”
Karnaval Pesona Danau Toba 27 Oktober 2018. (Foto: Ist - IGS Berita)*

Karnaval Pesona Danau Toba 2018 Mengusung Tema “Ulos”

TOBASA (IGSBERITA) – Karnaval Pesona Danau Toba 2018 kembali digelar di Kabupaten Tobasa. Kali ini, temanya adalah “ulos”, yang merupakan simbol utama dari pakaian adat batak.

Kegiatan dimulai setelah pemukulan gondang diikuti pawai mobil hias dengan ornamen “ulos” dan “gorga batak”, di Soposurung, Balige (27/10/2018).

Peserta pawai mengikut rute jalan Soposurung hingga jalan Sisingamangaraja Balige di depan bundaran Tugu Pahlawan Revolusi DI Panjaitan.

Direktur Badan Otorita danau Toba Ari Prasetyo menyampaikan karnaval ini adalah kegiatan ketiga, kedepan mudah-mudah lebih meriah lagi.

“Berharap kegiatan seperti berlanjut terus dan perlu dilestarikan dengan kearifan lokal dengan mengenakan Ulos. Mudah-mudah sekali setahun kita memakai ulos yang bagus-bagus,” kata Ari.

Ia mengatakan Danau Toba ini sudah ditetapkan sebagai destinasi perioritas nasional dan tahun ini akan banyak kegiatan. Dengan dibukanya penerbangan internasional Bandara Silangit akan menambah wisatawan berkunjung ke danau Toba, salah satunya penerbangan Silangit-Kuala Lumpur

Selain itu akan ada lagi tambahan tiga kapal yang besar seperti KM Ihan Batak, sehingga pelayaran di Danau Toba lebih baik, katanya sembari mengapresiasi atas dukungan terlaksanan Karnaval Pesona Danau Toba dan program akan terus dilanjutkan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Menko Kemaritiman RI Agus Purnomo mengatakan supaya dapat melestarikan seni dan budaya.

“Percaya, tunjukkan kamu, kamu pasti bisa, kita berharap ini akan berlanjut setiap tahun dan ini akan memperlancar pembangunan yang sedang digalakkan saat ini,” kata Agus Purnomo.

Kegiatan ini akan berakhir besok (28/10/2018) dengan beberapa acara hiburan dan inagurasi penerbangan Kuala Lumpur – Silangit. (mps)*

Dog Hallow Fest

About Yukie Rushdie

Check Also

TMMD di Pacitan Resmi Ditutup

PACITAN (IGS BERITA) — Komandan Landasan Udara Iswahyudi, Marsma TNI Widyargo Ekoputra, resmi menutup kegiatan …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: