Kamis , 18 Oktober 2018
Home / INVESTIGASI / Jumat (21/7), Batas Bayar Sisa Upah Satpam PD Pasar Jaya
Forum Pengambilan Keterangan Konfrontasi di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta (Foto: Dok. IGS Berita).*

Jumat (21/7), Batas Bayar Sisa Upah Satpam PD Pasar Jaya

JAKARTA (IGS BERITA) — Jumat, 21 Juli 2017, disepakati menjadi batas akhir pembayaran kekurangan upah para petugas keamanan (satpam) di lingkungan PD Pasar Jaya. Kesepakatan tersebut bersifat mengikat, terutama bagi perusahaan-perusahaan yang menjadi rekanan PD Pasar Jaya dalam penyediaan tenaga keamanan.

BACA JUGA:

Penetapan kesepakatan itu tertuang pada Berita Acara Pengambilan Keterangan Konfrontasi yang dilaksanakan di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi DKI Jakarta, Selasa (18/7).

“Para pihak sepakat untuk menyelesaikan pembayaran kekurangan upah, selambat-lambatnya hari Jumat, 21 Juli 2017. Penyampaian bukti pelaksanaannya harus dilakukan pada hari Senin, 24 Juli 2017,” kata Kepala Seksi Pengawasan Norma Kerja Disnakertrans DKI Jakarta, Khadik Triyanto, SH., MH., kepada IGS Berita.

Khadik pun menegaskan akan melakukan upaya penegakan hukum sesuai ketentuan terhadap pihak-pihak yang tidak melaksanakan kesepakatan tersebut.

“Kami akan melakukan upaya penegakan hukum sesuai ketentuan terhadap semua pihak yang tidak melaksanakan isi kesepakatan itu,” kata Khadik.

Pada forum pengambilan keterangan konfrontasi itu, lanjut Khadik, hadir para penyedia tenaga keamanan di lingkungan PD Pasar Jaya.

Ia menandaskan, ancaman sanksi dari kesepakatan itu pun akan langsung ditegakkan bila pada perjalanan di bulan-bulan berikutnya kembali terjadi pembayaran gaji di bawah standar Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta.

Menyikapi lahirnya kesepakatan tersebut, Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, menyampaikan apresiasinya.

“Ketegasan semacam itulah yang memang seharusnya dilakukan,” kata Arief Nasrudin kepada IGS Berita.

Kabar baik itu pun disambut gembira sejumlah petugas satpam di berbagai pasar di DKI Jakarta.

Alhamdulillah. Mudah-mudahan itu bukan kabar bohong lagi. Karena, bukan baru kali ini kami mendengar kabar baik semacam itu,” kata salah seorang petugas satpam, yang mewanti-wanti agar namanya tidak disebutkan.

Secara terpisah, Ketua Umum Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI), Prof. Dr. Muchtar Pakpahan, SH., MA., menyatakan kesanggupannya untuk membantu mengawal pelaksanaan dari kesepakatan tadi.

“Kita lihat saja. SBSI siap membantu mengawal pelaksanaannya,” kata Muchtar Pakpahan. (jfm/tom/yhr).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Kondisi Gedung Olahraga di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur, 17/10/2018. (Foto: Suluh Apriyanto/IGSBERITA).*

Tidak Terawat, Begini Kondisi Fasilitas Olahraga Di Pacitan

PACITAN (IGSBERITA) – Dua fasilitas olahraga di Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa timur kondisinya kian parah …

Tinggalkan Balasan