Selasa , 18 September 2018
Home / PERISTIWA / Jelang Lengser, Obama Suplai Iran 130 Ton Uranium

Jelang Lengser, Obama Suplai Iran 130 Ton Uranium

WASHINGTON (IGS BERITA) – Di akhir masa jabatannya, Presiden Amerika Serikat (AS), Barrack Hussein Obama, memberikan kado besar kepada Iran dengan menyuplai uranium sebanyak 130 ton untuk memenuhi kebutuhan negara di Teluk Persia tersebut.

Sebagaimana dirilis Al Anbiya, Rabu (11/1), uranium itu sendiri bisa digunakan untuk mendukung program nuklir, dan merupakan bahan utama pembuatan bom atom.

Pengiriman uranium ke Iran telah mendapat persetujuan dari Presiden Obama terkait dengan komitmen Teheran mengenai Pakta Nuklir.

Seperti dikutip dari sejumlah Diplomat AS, koran Daily Wire juga mengatakan, Iran pun menerima pasokan uranium dari Rusia. Itu merupakan kompensasi atas ekspor pendingin reaktor Rusia.

Dua pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan, 5 negara super-kuat dunia dan AS telah menyetujui pengiriman 130 ton uranium ke Iran itu. Mereka tinggal membutuhkan persetujuan dari PBB. Namun, itu hanyalah formalitas, mengingat kelima negara tersebut adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

“Uranium yang dikirim ke Iran itu akan mendapatkan pengawasan ketat dari Badan Energi Atom Internasional selama 25 tahun sejak kesepakatan tersebut dijalankan,” kata pejabat AS yang dilansir Daily Wire.

Menurut David Albright dari Institute of Science and International Security, secara teknis, 130 ton uranium itu bisa digunakan untuk membuat sepuluh buah bom atom.

Beredar pula kabar, Iran bersedia memberikan kompensasi kepada Rusia sebanyak 40 ton bahan baku reaktor nuklir, dan mengirimkan bahan tersebut ke AS dan Oman. (swd/AP/Rtr).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Kode Etik

Kisruh Seleksi KPU Sumedang: Timsel Dinilai Langgar Kode Etik

JAKARTA (IGS BERITA) — Yusfitriadi, salah seorang anggota Tim Seleksi (Timsel) 2 Jawa Barat, yang …

Tinggalkan Balasan