Kamis , 13 Desember 2018
Home / DAERAH / Harga Kelapa Amblek, Petani Pacitan Bikin Kopra
Harga Kelapa
Menjemur kopra (Foto: Dok. IGS Berita).*

Harga Kelapa Amblek, Petani Pacitan Bikin Kopra

PACITAN (IGS BERITA) — Amblek-nya harga kelapa selama setahun terakhir ini tak membuat para petani di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, kehilangan akal.

Mereka memanfaatkan musim panas ini untuk mengeringkan kelapanya yang sudah dibelah hingga menjadi kopra. Pasalnya, harga kopra jauh lebih bersahabat ketimbang kelapa butir.

“Ya, lumayanlah, daripada dijual butiran, lebih baik dibuat kopra,” kata Agus, salah seorang pembuat kopra di wilayah Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, kepada kontributor IGS Berita, Suluh Apriyanto, Senin (8/10/2018).

Dinilai bersahabat, lanjut Agung, karena bila kelapa itu dijual per butir harganya hanyalah Rp 1.000,00 (ukuran besar), sementara kalau dibuat kopra bisa mencapai Rp 5.250,00 per kilogram.

Harga Tempurung

“Rata-rata, dari 4 butir kelapa, bisa diperoleh 1 kg kopra kering. Tempurungnya pun masih ada nilainya. Bisa dijual dengan harga Rp 1.000,00 per kilogramnya,” jelas Agung.

Pasca-bencana badai Siklon Tropis Cempaka yang menumbur Kabupaten Pacitan, November 2017, harga kelapa di sana memang belum juga pulih.

Namun, kondisi itu tak membuat para petani kelapa di Pacitan memelihara duka berkepanjangan. Mereka segera beralih menjadi produsen kopra.

“Ya, pengerjaanya lumayan santai. Tempurungnya juga ada harganya. Lumayanlah, bisa buat tambah-tambah beli garam,” pungkas Agung. (sap).*

Dog Hallow Fest

About Yukie Rushdie

Check Also

Diduga Aniaya Anak, Habib Bahar Dipolisikan

BOGOR | IGS BERITA | Habib Bahar bin Smith diduga melakukan tindakan penganiayaan terhadap dua …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: