Jumat , 25 Mei 2018
Home / TEKNOLOGI / “Hak Asasi Robot” Disetujui Parlemen Eropa

“Hak Asasi Robot” Disetujui Parlemen Eropa

BRUSSELS (IGS BERITA) – Teknologi Artificial Intelligence (AI) semakin maju dan Parlemen Eropa telah menyepakati Rancangan Undang-Undang (RUU) yang sedang digodok untuk memberi status kepada robot sebagai makhluk elektronik, sehingga memiliki status hukum dan hak asasi robot sebagai teknologi buatan manusia.

Langkah itu diambil dan diyakini bahwa umat manusia berada titik kemajuan dalam revolusi robot dalam sebuah industri baru dan hal tersebut disetujui oleh 17 anggota berbanding 2 dalam hasil voting Parlemen Eropa dalam aturan komprehensif yang menentukan tentang cara berinteraksi dengan robot atau sistem kecerdasan buatan manusia.

“Sudah sangat banyak kehidupan sosial kita sehari-hari yang dipengaruhi oleh robot dan untuk mengatasi kenyataan ini maka kita sangat perlu membuat kerangka hukum Eropa yang kuat dan robot akan tetap menjadi pelayan bagi manusia,” kata Mady Delvaux anggota MEP dari Luksemburg.

Pada 12 Januari 2017, menurut BBC, peraturan itu tujuannya mengalokasikan para desainer robot ciptaan mereka harus memiliki saklar pembunuh yang dapat mematikan robot jika ada keharusan untuk melakukannya.

Laporan yang masih berbentuk RUU itu masih membutuhkan persetujuan dari setiap negara Uni Eropa yang akan membahas dan mengubah peraturan itu sebelum menjadi UU pada Februari mendatang.

Karena ada kemungkinan pada abad mendatang kecerdasan buatan mampu mengatasi kemampuan kecerdasan manusia dan akan membuka sebuah revolusi industri baru yang akan menyentuh setiap lapisan masyarakat.

Era industri robot juga berpotensi menyebabkan kemakmuran secara virtual tanpa batas tetapi muncul pertanyaan apakah di masa depan negara-negara anggota harus memperkenalkan gaji dasar kepada robot yang dipakai dalam bertugas, sehingga jika tidak ada persiapan yang dilakukan akan menjadi tantangan bagi manusia untuk mengawasi hasil ciptaannya sendiri. (swd).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Gugat Telkom Rp 16 Triliun, PT CSM Surati Ditjen Pajak Kemenkeu

JAKARTA (IGS BERITA) — Setelah menggugat PT Telkom (Tbk) senilai Rp 16 triliun di Pengadilan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *