Selasa , 18 September 2018
Home / IGS ANIMALS / Gunawan ‘Siberian Husky’ Harco: “Anjing Juga Makhluk Tuhan…”

Gunawan ‘Siberian Husky’ Harco: “Anjing Juga Makhluk Tuhan…”

harco-siberian-okeYOGYAKARTA (IGS ANIMALS) – Anjing juga makhluk Tuhan, yang ingin dirawat dan disayangi dengan sepenuh hati. Tapi, tak sedikit orang yang memelihara anjing hanya mengutamakan “beli”-nya, tanpa memperhitungkan masalah perawatan dan cara-cara menyayanginya. Padahal, itu yang paling penting.

harco-siberian-3Pesan itu disampaikan Gunawan Harco, 40, seorang pecinta hewan piaraan, khususnya anjing, asal Kota Gudeg Yogyakarta. Menurutnya, ketika seseorang memutuskan untuk memelihara hewan, apapun jenisnya, ia harus siap untuk merawat dan menyayanginya sepenuh hati.

“Saya punya seekor anjing jenis Siberian Husky yang sudah tinggal bersama selama 5 tahun. Alice, namanya. Berapapun, gak akan saya jual. Itu karena saya sudah terlalu lama merawatnya. Sayangnya sudah gak tergantikan. Apalagi anjing itu kan jenis hewan yang sangat setia sama majikannya,” kata Gunawan, yang mengaku semula sama sekali tidak menyukai anjing.

Kini, Gunawan menjadi salah seorang peternak Siberian Husky paling populer di Yogyakarta dan sekitarnya. Dalam lima tahun terakhir ini, ia membudidayakan jenis anjing asal Alaska tersebut. Koleksinya sekarang ada 16 ekor – 5 jantan dan 11 betina.

harco-siberian-4Kecintaannya pada anjing jenis Siberian Husky ini bermula dari mengantar adik sepupunya. Kala itu, seekor Siberian Husky betina terus menatap ke arahnya. Tampangnya mirip serigala, matanya biru, tapi sama sekali tak terlihat galak.

Peristiwa adu tatap itu, ternyata, membuat Gunawan berpikir semalaman. Dan, akhirnya, keesokan harinya, ia memutuskan untuk membeli anjing tersebut secara patungan dengan saudara kandungnya.

“Kami sepakat untuk merawatnya bersama. Kamu yang rawat, saya yang beli dogfood-nya, kata saya waktu itu kepada Heri (saudara kandungnya -red),” kenang Gunawan kepada IGS Animals, Rabu (23/11).

Itulah riwayat kehadiran Alice dalam kehidupan Gunawan. Setelah 14 bulan dipelihara, Gunawan menyewa bibit pejantan berkualitas baik untuk mengawini Alice. Dan, lahirlah empat ekor anak Siberian Husky yang lucu-lucu.

harco-siberian-2Ternyata, banyak yang menyukai anak-anak Alice tersebut, dan bersedia membelinya. Alhasil, Gunawan pun menyadari keuntungan besar dengan memelihara anjing jenis Siberian Husky tersebut. Maka, ia pun memutuskan menerjuni bisnisnya, antara lain dengan menambah koleksi betina dan jantannya untuk dikembangbiakkan.

“Hal tersulit dalam mengurus Siberian Husky ini adalah saat-saat memandikannya. Kita harus tahu betul teknik-tekniknya. Kalau soal makanannya sih tidak terlalu merepotkan. Sehari makan satu kali juga sudah cukup,” kata Gunawan.

Pasaran harga Siberian Husky yang sudah bersertifikat dan divaksinasi, lanjut Gunawan, berkisar antara 3 sampai 3,5 juta rupiah.

harco-siberian-1Secara tampang, Siberian Husky ini memang sangar. Tapi, perilakunya sungguh menyenangkan. Ia merupakan ras hewan yang awalnya dikembangkan masyarakat Chukchi di Asia Timur Laut sebagai penarik kereta di musim dingin.

Bertolak dari riwayat itu, wajarlah kalau kemudian ras Siberian Husky sangat diandalkan dalam lomba lari jarak jauh antar-anjing di Alaska. Kecepatan dan daya tahan fisiknya memang teruji, sehingga mampu mengalahkan ras anjing-anjing lokal lainnya.

“Bagi para pecinta anjing piaraan, Siberian Husky sangatlah recommended untuk dimiliki. Gagah, gesit, sekaligus indah dan setia. Bikin jatuh hatilah, pokoknya,” kata Gunawan. (swd).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Adi ‘Betta Sp’ Putra: Mendulang Dolar via Cupang

“CUPANG”, atau “kecupan merangsang”, memang bisa bikin kulit memerah saga, lalu menggelap bak memar. Tapi, …

Tinggalkan Balasan