Rabu , 16 Januari 2019
Home / INVESTIGASI / Diduga Tidak Sesuai Zonasi, Ini Tanggapan Walikota Jakbar
Bangunan Rumah Flat Tiga Lantai di Jalan Pulau Tidung III Kav No. 15 Komplek Permata Buana Blok A-1, Kel. Kembangan Uatara, Kembangan Jakbar Diduga Tidak Sesuai Zonasi Perntukan ( Foto : Markus - IGSBerita.com).*

Diduga Tidak Sesuai Zonasi, Ini Tanggapan Walikota Jakbar

JAKARTA [IGS BERITA] – Satu unit bangunan rumah flat tiga lantai-basment berdiri tegak di Komplek Taman Permata Buana Blok A.1 Jalan Pulau Tidung III Kav. 15 Kelurahan Kembangan Utara, Kembangan Jakarta Barat diduga tidak sesuai peruntukan zonasi dan perizinan. 

Pasalnya sesuai peruntukan zonasi, lokasi tersebut merupakan peruntukan zonasi rumah tinggal. Namun aneh dan sangat nyata, bangunan tersebut mendapat (terpasang) IMB bertuliskan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan Nomor : 111-6.1/31.73/-1.785.511/2016 tanggal 15/04/2016. 

Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi ketika dimintai tanggapannya atas bangunan yang diduga tidak sesuai peruntukan zonasi dan IMB, mengatakan  kembali kepada aturan dan  ketentuan, “Jika ada pelanggaran agar diberikan sanksi sesuai aturan pula,” kata Rustam kepada IGSBerita.com, (Rabu, 12/12/2018). 

Kepala Seksi Pengawasan, Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Sudis Citata) Jakarta Barat, Maulani Pane mengatakan, di lapangan di bangun rumah, ” Menurut bapak itu peruntukannya zona apa? sdh tertulis di papan imb bhw peruntukannya rumah flat,” ujarnya melalui pesanWhatShapp, (Rabu, 12/12/2018). 

Menurutnya, bangunan tersebut tidak lolos (luput) dari pengawasan Sudis Citata Jakarta Barat, “Kalo lolos, gimana ada tindakan penertiban? Kita sudah memberikan tindakan penertiban sesuai ketentuan,” katanya. 

Maulani mengatakan tindakan penertiban yang telah dilakukan terhadap bangunan tersebut yakni SP (Surat Peringatan), Segel, SPB (Surat Perintah Bongkar) dan Rekomtek (Rekomondasi Teknis), “Silahkan masalah penertiban tanya dengan Kasi Penindakan, saya bukan Kasi Penindakan,” ujar Maulani. 

Terkait mengenai IMB, Maulani mengatakan agar ditanyakan kepada PTSP yang mengeluarkan IMB, “Coba bapak tanyakan sama PTSP yang mengeluarkan IMB itu, bukan Citata yang mengeluarkan. Walaupun saya tahu jawabannya,” ujarnya. 

Sementara Kepala Suku Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kota Administrasi Jakarta Barat, Johan Girsang belum memberikan informasi dan penjelasan. Demikian juga halnya dengan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol-PP) Jakarta Barat, R.M Tamo P Sijabat ketika dikonfirmasi tentang rekomtek, hingga berita ini diturunkan belum memberikan jawaban. [KUS].*

Pemerintah Kabupaten Pacitan

About Markus Marpaung

Check Also

Aktor Steve Emmanuel  Ditangkap Polisi

JAKARTA [IGS BERITA] – Publik kembali dikejutkan kabar yang tidak enak dari oknum artis (entertainment) …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: