Sabtu , 15 Desember 2018
Home / MEGAPOLITAN / Detik-detik Ambruknya Crane Turap Kali Sentiong
Crane proyek turap Kali Sentiong ambruk dan menimpa rumah penduduk | Foto DOK. IGS BERITA |

Detik-detik Ambruknya Crane Turap Kali Sentiong

JAKARTA | IGS BERITA | Sebuah crane yang digunakan dalam pembangunan turap Kali Sentiong di Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, ambruk pada Kamis (6/12/2018) siang.

Salah seorang saksi mata bernama Indra menuturkan, crane tersebut ambruk ketika hendak memasuki area sungai dari jalan inspeksi di tepi sungai.

“Posisinya crane itu mau geser dari jalanan ke atas sungai. Tetapi, pas itu, pelat besi yang jadi perahunya bergeser, akhirnya si crane-nya men-jomplang,” kata Indra.

Crane kemudian miring ke arah barat. Tiang crane setinggi tujuh meter melintang dan menimpa dua rumah yang berada sekitar lima meter dari bibir sungai.

“Saat itu ada lima orang yang di dekat crane langsung lompat semua. Termasuk pekerja yang ada di pelat baja yang di atas sungai,” ujar Indra.

Zaira, pemilik warung di dekat lokasi kejadian, menyebut peristiwa berlangsung secara tiba-tiba. Ia menambahkan, cuaca pada saat itu juga terpantau cerah.

“Tiba-tiba saja gitu, saya baru sadar pas crane-nya sudah roboh nimpa rumah. Sudah gitu saya langsung kabur aja,” kata Zaira.

Zaira mengatakan dirinya melihat tiga orang yang mengalami luka akibat kejadian itu. Namun, ketiga orang tersebut segera dibawa ke rumah sakit terdekat dalam waktu hitungan menit.

Hardisiswan, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat, mengakui, crane untuk turap Kali Sentiong di Jalan Dakota Raya, Kemayoran, ambruk dan menimpa rumah warga sekitar.

“Ya, jam 12-an tadi,” ujarnya di Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Ia menjelaskan, crane yang ambruk itu jatuh ke kali pada Kamis siang, dan ujungnya menimpa rumah warga.

Ada tiga orang yang mengalami luka akibat kecelakaan itu dan telah dibawa ke puskesmas Kemayoran.

Pihaknya tidak bisa mengevakuasi crane karena peralatan yang minim.

“Langsung ditangani pihak kontraktornya,” tambah Hardisiswan.

Penyebab ambruknya crane belum bisa dipastikan. Hingga berita ini diturunkan, kasus masih dalam penanganan Pemkot Jakpus, Dinas Sumber Daya Air DKI, dan kontraktor. |MGA|

Dog Hallow Fest

About Mega Puspita

Check Also

KPK Tahan 4 Tersangka Hasil OTT di PN Jaksel

JAKARTA | IGS BERITA | KPK menahan empat tersangka perkara kasus dugaan korupsi terkait suap …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: