Rabu , 22 Agustus 2018
Home / DAERAH / Danrem 061 Surya Kencana Tinjau 15 Titik Longsor di Puncak
Danrem 061 Surya Kencana, Kol (Inf) M. Hasan, meninjau lokasi bencana longsor di kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor (Foto: Fikri Jaka Irmana - IGS Berita).*

Danrem 061 Surya Kencana Tinjau 15 Titik Longsor di Puncak

BOGOR (IGS BERITA) — Komandan Resor Militer (Danrem) 061 Surya Kencana, Kolonel (Inf) M. Hasan, meninjau sekitar 15 titik bencana longsor di wilayah Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (5/2/2018). Bencana longsor tersebut terjadi akibat tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan tersebut sejak Minggu (4/2/2018) malam, tepatnya mulai pukul 23.00 WIB.

Ke-15 titik longsor yang berhasil dihimpun Korem 061 Surya Kencana, Kodim 0612 Kabupaten Bogor, dan jajaran Polres Bogor tersebut tersebar di berbagai area di Kecamatan Cisarua.

Di area Panimbangan Kecil, Desa Tugu Selatan, bahu jalan amblas. Material tanah dari tebing menutup sebagian bahu jalan. Upaya membersihkan material yang menutup jalan telah dilakukan.

Di area Masjid Atta Awun, Desa Tugu Selatan, material tanah menutup jalan, dan penanganannya telah diupayakan dengan menggunakan alat berat.

Di area Green Hill, Desa Tugu Utara, tiang listrik terdorong longsoran tanah. Akibatnya, tiang maupun material tanah menutup akses jalan raya.

Di Kampung Cirusen RT 04 RW 04 Desa Tugu Utara, material longsoran menimpa rumah milik warga bernama Yudi dan Wardi. Namun tidak ada korban jiwa.

Di Kampung Ciburial Coklat RT 05 RW 05 Desa Tugu Utara, material tanah menutup jalan desa.

Kemudian, jembatan di Gang Mangga, Desa Tugu Utara, tergerus air, sehingga tidak dapat dilalui.

Villa Pengayoman (Kehakiman) di Kampung Cibeureum RT 02 RW 03, Desa Cibeureum, terlanda material longsoran. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian material ditaksir mencapai sekitar Rp 15 juta.

Di Kampung Babakan RT 03 RW 04 Desa Cibeureum, material tanah menutup sebagian jalan desa, namun tidak menimbulkan korban jiwa.

Musibah longsor pun menimpa tanah milik warga bernama Soleh di Kampung Cidokom RT 02 RW 12 Desa Kopo.

Air bah dari Sungai Ciliwung di Kampung Muara RT 03 RW 04 Desa Kopo mengakibatkan terkikisnya rumah milik warga bernama Yayah. Beruntung tidak ada korban jiwa pada musibah ini.

Di Kampung Cipari RT 03 RW 03 Desa Leuwimalang, 15 rumah terendam banjir, namun tidak ditemukan korban jiwa.

Jembatan gantung di Kampung Ciburial RT 05 RW 04 Desa Batulayang mengalami rusak berat, sehingga tak bisa berfungsi.

Longsor pun menyebabkan akses jalan di Kampung Batukasur, Desa Batulayang, terganggu.

Material longsor di wilayah SD Negeri 1 Citeko, Desa Citeko, mengakibatkan akses jalan desa terganggu.

Begitu juga dengan akses jalan desa di Kampung Pasirmadin RT 01 RW 04 Kelurahan Cisarua.

Menyikapi adanya bencana longsor tersebut, Danrem 061 Surya Kencana, M. Hasan, mengimbau masyarakat yang akan melintasi jalur-jalur tersebut, baik dari arah Bogor atau Jakarta maupun dari arah Bandung atau Cianjur, mengambil ruas jalan melalui Jonggol.

“Saya menyarankan agar untuk sementara masyarakat menghindari jalur Puncak. Lebih baik lewat Jonggol, demi kelancaran perjalanannya,” kata M. Hasan kepada IGS Berita. (fji).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Spanduk Asian Games 2018

Lurah Kartini Akui Salah Ketik Spanduk Asian Games 2018

JAKARTA (IGS BERITA) — Jagat maya dihebohkan para warganet yang mempersoalkan kesalahan penulisan pada sejumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *