Jumat , 19 Oktober 2018
Home / DAERAH / Bupati Lampung Selatan Ditangkap KPK, Diperiksa di Mapolda
Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan, dan rumah kediaman pribadinya di Kalianda (Foto: Dok. Grafis IGS Berita).*

Bupati Lampung Selatan Ditangkap KPK, Diperiksa di Mapolda

BANDARLAMPUNG (IGS BERITA) — Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan, yang juga adik kandung dari Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (26/7/2018) malam. Dalam OTT itu, Zainudin Hasan diamankan KPK bersama beberapa orang lainnya, masing-masing dua orang kepala dinas, seorang anggota DPRD, dan seorang pengusaha. Mereka langsung menjalani pemeriksaan Tim KPK di salah satu ruangan Direktorat Intelkam Polda Lampung, Jumat (27/7/2018) pagi.

Ketua KPK, Agus Rahardjo, membenarkan KPK menggelar OTT di Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (26/7/2018) malam hingga Jumat (27/7/2018) dini hari. Sebanyak tujuh orang diamankan dalam operasi senyap ini, termasuk Bupati Lampung Selatan, dua kepala dinas, anggota DPRD, dan pengusaha.

“Betul, Tim KPK memang ada yang ditugaskan di daerah Lampung Selatan dalam beberapa hari ini,” kata Ketua KPK, Agus Rahardjo, saat dikonfirmasi, Jumat (27/7/2018).

Dalam tangkap tangan kali ini, Tim Satgas KPK mengamankan tujuh orang yang terdiri dari unsur kepala daerah atau bupati, anggota DPRD, swasta, dan pihak lain yang terkait.

Diduga ada transaksi terkait proyek infrastruktur. Dalam operasi tangkap tangan tersebut, Tim Satgas KPK mengamankan uang sebesar Rp 700 juta, dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu. KPK memiliki waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum mereka.

 

Menyebar

Informasi yang diperoleh di lingkungan Polda Lampung, Jumat (27/7/2018) pagi, aksi OTT KPK di Kabupaten Lampung Selatan itu telah menyebar di kalangan pers, namun belum ada penjelasan resmi dari KPK maupun Mapolda Lampung.

Aktivitas di Mapolda Lampung sendiri tampak ramai, termasuk berdatangannya mobil-mobil pejabat Pemkab Lampung Selatan.

Menurut informasi, diduga KPK telah mengamankan Bupati Lampung Hasan, Zainudin Hasan, Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Thomas Amirico, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Lampung Selatan Anjar Asmara, dan Ketua Fraksi PAN DPRD Lampung Agus Bhakti Nugroho. Namun, kepastian tentang hal tersebut masih harus menunggu keterangan resmi dari KPK.

Beredar kabar, pihak-pihak yang telah diamankan itu akan segera digiring ke Bandara Radin Inten II untuk dibawa ke Kantor KPK di Jakarta. (yhr).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Polres Gowa Gelar Simulasi Pengamanan bersama Bupati, Ini Tujuannya

GOWA, SULSEL (IGSBERITA) – Polres Gowa (Kepolisian Resor Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan) menggelar simulasi pengamanan …

Tinggalkan Balasan