Jumat , 19 Oktober 2018
Home / IGS ANIMALS / Bois Si “Maniac Zoesterops (Burung Pleci)”

Bois Si “Maniac Zoesterops (Burung Pleci)”

plecing-2BOGOR (IGS ANIMALS) – Membicarakan burung yang satu ini nyaris tak ada habisnya. Betapa tidak? Burung kecil mungil ini telah naik daun dan mampu menghipnotis kalangan penggemar hobi burung lainnya di Indonesia.

Sebut saja dia adalah burung pleci, atau yang sering disebut burung kacamata. Banyak pehobi yang memelihara burung ini. Selain mudah didapat, harganya terjangkau, kicauannya merdu, dan mampu meniru suara burung-burung lain. Ia tak kalah bagus dengan burung-burung kontes lainnya.

“Saya sudah menjadi maniak binatang yang satu ini. Selain perawatannya mudah, juga tak perlu merogoh saku terlalu dalam. Justru sebaliknya, saya mendapat banyak keuntungan. Setiap kali ikut kontes, burung saya selalu mendapat gelar, baik juara 1, 2, atau 3. Maka, banyak kolektor yang memburu burung pleci saya. Bahkan ada yang menitipkan burungnya pada saya, agar bisa memiliki suara yang gacor. Di situlah saya mendapatkan keuntungannya. Meski begitu, khusus untuk burung-burung yang akan dikonteskan, harus ada perawatan ekstra, seperti pemandian, penjemuran, pakan, buah-buahan, minuman, dan extra fooding lainnya,” kata Iskandar, 20, kepada IGS Animals.

plecing-3Awalnya, Iskandar cuma iseng membeli burung pleci. Ia membelinya dengan harga Rp 35 ribu. Tak lama kemudian, pria lulusan SMK Mekanika ini pun mulai hobi dengan burung tersebut, dan sering mengikutsertakannya dalam berbagai kontes.

Kini, burung-burungnya sudah banyak mengoleksi piala dan sertifikat. Ia pun sudah memiliki lebih dari 15 ekor berbagai jenis burung pleci, mulai pleci Dabu (dada abu-abu) sampai Dakun (dada kuning) – Dakun Garut dan Dakun Jatim.

Burung Dakun Jatim adalah koleksi yang paling disayangi Iskandar. Ia memberinya nama Si Kalong. Iskandar sendiri, di kalangan para pecinta burung, kerap dipanggil Si Bois Maniak Pleci.

“Saya sudah menggeluti dunia burung zoestherops ini sekitar lima tahun,” katanya. (jrl).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Adi ‘Betta Sp’ Putra: Mendulang Dolar via Cupang

“CUPANG”, atau “kecupan merangsang”, memang bisa bikin kulit memerah saga, lalu menggelap bak memar. Tapi, …

Tinggalkan Balasan