Sabtu , 15 Desember 2018
Home / MEGAPOLITAN / Bogor Diserang Kobra, Waspadalah!

Bogor Diserang Kobra, Waspadalah!

BOGOR (IGS BERITA) – Warga Kampung Mbah Dalem RT 02 RW 13, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor (Jawa Barat), dibuat resah dengan ditemukannya 19 ekor ular kobra berbagai ukuran hanya dalam waktu 3 hari berturut-turut, antara tanggal 4 hingga 7 Desember 2016. Mereka pun kini mempertinggi kewaspadaannya.

Kemunculan ular-ular berwarna hitam itu sempat memakan korban seorang warga, Reza (17 tahun), yang kena gigit jempol tangannya dan harus dirawat selama satu hari di RS PMI Bogor.

“Dia sedang mencoba memindahkan ular-ular yang ditemukan itu ke dalam ember. Tiba-tiba ular itu langsung menyerang dan menggigit jempolnya,” kata Asih, 49, warga lainnya.

Ular berbisa ini pertama kali terlihat pada Minggu, 4 Desember 2016, di dalam rumah Ade Anisa (27 tahun). Kemudian muncul kembali keesokan harinya.

Dari penampakan yang pertama dan kedua, warga setempat berhasil menangkap sebanyak 14 ekor ular berukuran jari kelingking dan ibu jari tangan orang dewasa.

“Hari kedua ditemukan dua ekor kobra di samping dan halaman rumah,” ujar Ade.

Sejak kejadian itu, Ade bersama ketiga anaknya terpaksa mengungsi karena khawatir ular tersebut kembali muncul.

“Ya khawatir kalau lagi tidur tiba-tiba muncul ular, kan ngeri juga,” kata ibu tiga anak ini.

Tak hanya Ade. Desi (31 tahun) dan Asep (34 tahun) pun mengalami hal serupa. Pada Rabu, 7 Desember 2016, ditemukan kembali lima ekor ular dengan jenis yang sama di rumah mereka.

“Selama 3 hari ditemukan ada 19 ular kobra,” ujar Asep.

Ular-ular hasil tangkapan warga tersebut kemudian diserahkan kepada salah seorang kolektor untuk dipelihara.

“Rabu malam sudah dibawa, takut kabur lagi,” kata Asep.

Warga khawatir ular mematikan itu akan membahayakan keselamatan mereka, apalagi banyak anak-anak yang kerap bermain di depan perkarangan rumah.

“Takut juga sih, soalnya banyak anak-anak kecil,” kata warga bernama Siska, Kamis (8/12).

Ia mengaku baru pertama kali ular kobra tersebut sampai masuk ke dalam rumah. Kuat dugaan, ular itu bersarang di kebun bambu yang ada di belakang permukiman warga.

“Dari dulu warga memang sering melihat ular kobra berukuran besar di sekitar pohon bambu. Kemungkinan ular itu beranak,” kata Siska.

Sebab, tiga minggu sebelumnya, warga sempat menangkap ular kobra berukuran tangan orang dewasa di halaman rumah warga.

“Mungkin itu induknya, dan yang nyerang ini anak-anaknya,” kata Siska lagi.

Hingga saat ini, warga masih terus melakukan perburuan di dalam maupun sekitar pekarangan rumah mereka. Bahkan perabotan rumah tangga milik Ade Anisa dikeluarkan seluruhnya dari dalam rumah. (swd).*

Dog Hallow Fest

About Yukie Rushdie

Check Also

Kontraktor Proyek Rumah Pompa di Jakbar Dinilai Cacat

JAKARTA (IGS BERITA) – Kontraktor jasa konstruksi yang mengerjakan proyek pembangunan rumah pompa waduk Bojong beserta kelengkapannya …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: