Selasa , 18 September 2018
Home / NASIONAL / Aplikasi Antikorupsi Kang Emil Pincut Hati KPK
Antikorupsi
Gubernur Jawa Barat terpilih, Ridwan Kamil, usai menandatangani Pakta Integritas Antikorupsi di Gedung Merah-Putih KPK, Jakarta (Foto: Dok. IGS Berita).*

Aplikasi Antikorupsi Kang Emil Pincut Hati KPK

JAKARTA (IGS BERITA) — Aplikasi antikorupsi buatan Gubernur Jawa Barat terpilih, Ridwan Kamil, ternyata sukses memincut hati Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, KPK menginginkan agar aplikasi tersebut dijadikan standar pencegahan korupsi di daerah lain.

Enggak hanya di Jawa Barat. Tadi Gubernur Sumut juga mau belajar,” ujar Emil di Gedung KPK, Jakarta, pada Rabu (5/9/2018).

Lebih lanjut Emil mengatakan, saat ini KPK sedang giat-giatnya mengingatkan para kepala daerah yang baru dilantik untuk menjaga integritas melawan korupsi.

Hal tersebut diapresiasi oleh dirinya dan para gubernur lain. Menurut Emil, mumpung belum memulai pekerjaan, para kepala daerah diingatkan mengenai sistem yang bisa menyeret ke tindak pidana korupsi.

“Intinya, KPK siap istilahnya dimintai asistensi, kapan saja,” ujarnya.

Datangi KPK

Usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, sejumlah gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada Serentak 2018 mendatangi Gedung Merah-Putih KPK, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Rombongan kepala daerah itu dipimpin Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, yang ikut mendampingi Gubernur dan Wakil Gubernur.

Kedatangan para kepala daerah ini untuk menandatangani pakta integritas antikorupsi.

Adapun kepala daerah yang ikut menandatangani pakta integritas tersebut adalah Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Wakilnya Sudirman Sulaiman, Gubernur Jawa Tengah terpilih Ganjar Pranowo dan Wakilnya Taj Yasin Maimoen.

Kemudian Gubernur Bali terpilih I Wayan Koster dan Wakilnya Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Gubernur Papua terpilih Lukas Enembe dan Wakilnya Klemen Tinal, Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil dan Wakilnya Uu Ruzhanul Ulum.

Selanjutnya Gubernur Kalimantan Barat terpilih Sutarmidji dan Wakilnya Ria Norsan, serta Gubernur Sulawesi Tenggara terpilih Ali Mazi dam Wakilnya Lukman Abunawas. (yhr).*

About Yukie Rushdie

Check Also

Kode Etik

Kisruh Seleksi KPU Sumedang: Timsel Dinilai Langgar Kode Etik

JAKARTA (IGS BERITA) — Yusfitriadi, salah seorang anggota Tim Seleksi (Timsel) 2 Jawa Barat, yang …

Tinggalkan Balasan