Senin , 19 November 2018
Home / DAERAH / AKP Imam Buchori: Hati-hati Gunakan Medsos
Pacitan
Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kabupaten Pacitan, AKP Imam Buchori. (Foto: Suluh Apriyanto - IGS Berita).*

AKP Imam Buchori: Hati-hati Gunakan Medsos

PACITAN (IGS BERITA) – Kasat Reskrim Polres Pacitan, AKP. Imam Buchori mengingatkan masyarakat supaya bijak dan berhati-hati menggunakan fasilitas medsos (media social) karena adanya Undang-undang ITE.

“Jangan asal memposting atau share informasi yang bisa merugikan orang lain karena ada undang-undangnya, bisa kena pasal dan di hukum 4 tahun,” ujar Imam.

Satu contoh kata Imam, seseorang memposting diri orang lain di media sosial dengan issue negatif yang menimbulkan banyak komentar negatif pula dari penguna media sosial lainnya bisa kena pidana.

“Bisa kena pidana perbuatan tidak menyenangkan dengan ancaman pidana selama 4 tahun penjara,” tegas Imam.

“Jangan asal posting dan share, pastikan dan cari dahulu kebenaran informasinya,” lanjutnya.

Menyaring informasi

Imam berharap agar masyarakat Kabupaten Pacitan bisa menilai mana informasi yang baik dan benar serta informasi yang buruk dan sesat.

“Saat ini jaman digital, informasi apa saja cepat. Jika belum jelas keteranganya, saya mohon jangan mudah cepat percaya dan ikut-ikutan memviralkan,” harap Imam.

Dalam pasal 27 ayat (3) Undang-undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) menyebutkan, melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan atau mentransmisikan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik. (apr).*

Dog Hallow Fest

About Mampe Sirait

Check Also

Pantai Pangasan

Pati TNI Awasi Kinerja Tentara di Pantai Pangasan

PACITAN (IGS BERITA) — Brigjen TNI Steverly Parengkuan, Pati Ahli Kasad, menyatroni kawasan wisata Pantai …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: